alexametrics

Ingin Rumah Tangga Awet? 4 Hal Ini Tak Boleh Kamu Lakukan Setelah Menikah

Latifah ..
Ingin Rumah Tangga Awet? 4 Hal Ini Tak Boleh Kamu Lakukan Setelah Menikah
Ilustrasi pasangan. (freepik.com/cookie-studio)

Siapa pun yang memutuskan menikah, pasti mendambakan punya rumah tangga yang awet, sampai maut memisahkan. Namun, impian tersebut nyatanya nggak bisa didapatkan oleh semua orang. Ada banyak kisah asmara yang bermula indah, harus kandas di tengah jalan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan untuk tak dilakukan setelah menikah. Menghindarinya, bisa memberi peluang besar rumah tanggamu akan awet!

1. Meremehkan pasangan karena gajinya lebih kecil

Hal terlarang pertama yang mesti kamu hindari setelah menikah, adalah sikap meremehkan. Termasuk yang umum terjadi, meremehkan pasangan karena gajinya kecil. Kalau memang sudah tahu gajinya kecil, dan kamu bermasalah dengan itu, kenapa dari awal mau diajak menikah dengan pasanganmu yang sekarang?

Syukuri saja yang dipunya, dan jangan dibanding-bandingkan. Terus disemangati, supaya kepercayaan diri pasangan terdongkrak, sehingga ia pun jadi lebih semangat untuk mencari penghasilan lebih besar. Bukan malah dijatuhkan!

2. Memaksa pasangan untuk memilih

Meski sudah menikah, bukan berarti pasangan menjadi milikmu sepenuhnya. Ingat, lho, pasanganmu itu adalah manusia bebas, yang bisa melakukan apa pun sesuai dengan kehendaknya. Artinya, dia tetap bisa mengunjungi keluarga, teman-teman, atau melakukan aktivitas yang ia inginkan.

Sebagai pasangan yang baik, harusnya tak sampai posesif. Melarang pasangan untuk melakukan aktivitas selain bersama denganmu. Sampai-sampai kamu memaksanya untuk memilih kamu atau keluarganya. Itu sikap yang toksik!

3. Mengambil keputusan sepihak

Kalau sudah menikah, kamu mesti sadar, hidupmu nggak lagi sendiri. Jadi, ada banyak hal yang mesti dibicarakan dan dikompromikan.

Kebiasaan mengambil keputusan sepihak, itu nggak sehat dalam hubungan. Pasangan akan merasa direndahkan dan diremehkan, karena tak dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Seolah-olah hanya pendapatmu saja yang benar dan penting.

4. Tidak menghargai pasangan

Salah satu kunci hubungan bisa awet, adalah adanya saling menghargai. Ini umumnya juga berkaitan dengan poin pertama. Berapa pun penghasilan yang didapatkan pasangan, syukuri, dan beri apresiasi. Itu adalah bentuk paling sederhana dari menghargai pasangan.

Hal lain yang juga mesti kamu biasakan di hubungan pernikahan, adalah ucapan terima kasih. Meski sepele, tapi hal tersebut juga bentuk saling menghargai, lho!

Hindari hal-hal tadi, untuk membuat hubungan rumah tanggamu harmonis dan awet!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak