alexametrics

4 Tanda Ini Menunjukan Bahwa Kamu Tidak Percaya Diri Terhadap Kehidupanmu

Rizki Putra
4 Tanda Ini Menunjukan Bahwa Kamu Tidak Percaya Diri Terhadap Kehidupanmu
Ilustrasi wanita menutup mata. (pexels.com/Oleg Magni)

Sebagian orang mungkin belum sadar, bahwa tidak memiliki rasa percaya diri akan berdampak kerugian bagi diri sendiri. Meski terlihar wajar, tentu kurangnya rasa percaya diri akan membuat dirimu merasa ketakutan terhadap mengekspresikan kemampuan yang ada dalam diri.

Banyak yang menyebabkan hal ini terjadi, seperti bully, lingkungan sekitar yang tidak suportif, atau memiliki trauma masa lalu. Maka dari itu, simak 4 tanda yang menunjukan bahwa kamu tidak percaya diri terhadap kehidupanmu, supaya kamu bisa menyikapinya.

1. Tidak peduli terhadap lingkungan sekitar

Selalu enggan untuk berpartisipasi atau pasif dalam lingkungan sosial, itu adalah salah satu tanda bahwa kurang percaya diri. Lebih memilih untuk diam atau tidak mau melakukan apa-apa terhadap lingkungan sekitarnya.

Selain itu, menutup diri dari pergaulan lantaran kamu tidak layak untuk sekedar bermain bersama. Sehingga, cenderung akan tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Selalu menunda pekerjaan

Orang yang kurang rasa percaya diri terhadap hidupnya salah satu tandanya adalah selalu menunda pekerjaan. Hal ini disebabkan karena takut terhadap penilaian orang lain tentang dirinya.

Tidak heran cenderung terlalu ragu untuk mengambil keputusan, lantaran tidak mau menghadapi kegagalan. Karena malas mendengarkan pendapat orang lain, malah lebih memilih untuk menunda pekerjaan.

3. Tidak mengetahui motivasi dalam diri

Ketika seseorang mengerjakan sesuatu hal, pasti membutuhkan tujuan yang ingin dicapai, supaya bisa bekerja dengan motivasi yang tinggi. Namun, kalau tidak ada tujuan atau motivasi dalam diri, tentu hidup akan kurang ada gairah.

Maka dari itu, tidak heran akan kurang rasa percaya diri, namun lebih mencari pengakuan orang lain. Sehingga, selalu mengejar standar kehidupan yang sebenarnya bukan kamu sukai.

4. Kesulitan dalam mengambil keputusan

Tidak memiliki kepercayaan diri, akan lebih mudah goyah pendapatnya atau pun prinsip hidup yang disebabkan oleh pendapat orang lain. Sehingga, akan penuh banyak keraguan dalam mengambil keputusan, karena takut gagal dan salah mengambil langkah.

Supaya meningkatkan rasa kepercayaan diri, tentu perlu berani untuk memutuskan sesuatu hal berdasarkan keinginan diri sendiri. Kalau sudah seperti itu, akan lebih kuat ketika berpendapat dan memiliki prinsip hidup.

Berdasarkan ulasan di atas, kita paham bahwa kurang rasa percaya diri akan berpengaruh terhadap keseharian. Maka dari itu, harus bisa percaya terhadap diri sendiri, supaya tidak terpengaruh hal negatif dengan orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak