alexametrics

5 Kerugian Jika Kamu Sering Menghindar saat Ada Masalah, Hubungan Tak Awet!

Latifah ..
5 Kerugian Jika Kamu Sering Menghindar saat Ada Masalah, Hubungan Tak Awet!
Ilustrasi pasangan suami istri cerai. (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Semua hubungan, baik itu asmara, hubungan keluarga, pertemanan, ataupun di pekerjaan, pasti akan selalu ada masalah. Sudah dari sana, hukumnya seperti itu! Dengan menyikapi berbagai masalah itulah, dirimu jadi tertempa untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dari itu, ketika punya masalah, misalnya dengan pasangan, jangan menghindar, tapi diselesaikan.

Ini beberapa kerugian atau dampak buruk yang bisa kamu dapat kalau sering menghindari masalah dalam hubungan. Apa saja?

1. Kehangatan dalam hubungan jadi berkurang

Dampak pertama jika kamu terbiasa menghindari masalah dengan pasangan, adalah jadi berkurangnya kehangatan. Ini disebabkan, dalam hatimu sebenarnya menyimpan kekesalan, dan itu nggak bisa diekspresikan.

Kekesalan terhadap pasangan yang terus disimpan, membuatmu jadi sering sebal dengan pasangan. Dan itu berpengaruh buruk pada hubungan.

2. Masalah jadi semakin menumpuk

Kerugian lain yang bakal kamu dapat kalau nggak menyelesaikan masalah dengan pasangan, yakni masalah yang ada akan terus menumpuk. Dampaknya, hubunganmu nggak akan berkembang. Karena selalu ketemu dengan persoalan yang sama.

3. Kalian jadi sering bertengkar

Hubungan asmara memang tak bisa lepas dari pertengkaran. Hanya saja, ada jenis pertengkaran sehat, ada pula jenis pertengkaran yang toksik.

Dan kalau kamu sering bertengkar akibat permasalahan yang itu-itu juga, menunjukkan kalau jenis pertengkaranmu nggak sehat. Bila ini terus terjadi, hubunganmu perlahan akan rusak. Cinta antara kalian berdua, jadi pudar.

4. Kamu jadi sering stres

Tak baik, lho, sering memendam kekesalan. Itulah kenapa salah satu ciri hubungan yang sehat, adalah sistem komunikasi yang baik dengan pasangan.

Biasakan bila ada problem, bicarakan baik-baik. Supaya, kalian bisa saling introspeksi, mengenai sikap-sikap yang bisa jadi sumber masalah di hubungan kalian. Dan ke depannya, bisa dihindari.

5. Tergoda untuk tidak setia

Perselingkuhan nggak hanya terjadi akibat godaan pihak ketiga. Namun, akarnya bisa disebabkan karena hubungan sedang bermasalah. Ditambah dengan godaan dari pihak ketiga, kamu atau pasangan yang tadinya setia, bisa jadi berselingkuh.

Maka dari itu, kalau ada masalah dengan pasangan, bersikaplah dewasa untuk membicarakan dan menyelesaikan. Karena hanya memendam, malah bisa membuat hubungan bermasalah, dan pintu untuk tidak setia jadi terbuka lebar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak