alexametrics

Buruk Bagi Hubungan, Ini 4 Tips agar Kamu Tak Tergantung pada Pasangan

Latifah ..
Buruk Bagi Hubungan, Ini 4 Tips agar Kamu Tak Tergantung pada Pasangan
Ilustrasi pasangan. (pexels.com/cottonbro)

Ketika punya pasangan, ada banyak orang yang tadinya mandiri berubah jadi manja. Nggak masalah, selama hal itu masih dalam tahap wajar. Yang jadi persoalan, kalau sikap bergantung pada pasangan ini sudah berlebihan.

Dampaknya akan buruk pada hubungan, lho. Pasangan yang tadinya kagum padamu, berubah jadi nggak respek, akibat sikapmu yang kelewatan bergantung padanya.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips supaya kamu nggak lagi terlalu bergantung pada pasangan. Simak, yuk!

1. Miliki kesibukan sendiri

Punya pasangan, nggak berarti seluruh aktivitasmu jadi berubah. Harus terus bersamanya. Hal tersebut malah bisa membuat pasangan jadi bosan, lho. Habis, ketemunya kamu-kamu lagi.

Supaya kamu bisa mandiri, meski punya pasangan. Cobalah miliki kesibukan sendiri. Jalani hobi yang kamu suka, kembangkan karier yang kamu punya, jalan-jalan bareng teman tanpa pasangan.

Selain bisa memberi ruang pada pasangan, dengan kamu sibuk, hubungan pun jadi nggak membosankan. Momen pertemuan kalian berdua jadi terasa berarti. Karena nggak setiap hari dilakukan.

2. Miliki penghasilan sendiri

Meski pasanganmu orang kaya raya, tapi ingat, itu uangnya, bukan milikmu sepenuhnya. Kamu mesti tetap punya penghasilan sendiri, untuk menjaga kemandirian finansial.

Dengan punya sumber penghasilan sendiri, selain mengurangi ketergantunganmu secara finansial pada pasangan, kamu pun jadi punya kesibukan. Hari-harimu dijalani dengan lebih menarik, nggak cuma nempel sama pasangan doang.

3. Habiskan waktu sendirian

Ada banyak manfaat melakukan me time, yakni menghabiskan waktu sendirian. nggak hanya bisa bikin rileks tubuh dan pikiran, dengan menghabiskan waktu sendiri, kamu pun jadi tak terlalu bergantung pada pasangan.

Kamu bisa tetap bahagia, terlepas ada pasangan atau enggak. Dan itu, wujud mencintai diri sendiri. Kalau kamu sudah bisa menerapkan self-love, hubungan pun bisa berjalan dengan harmonis. Kamu terhindar dari tipe orang yang suka mengekang pasangan.

4. Hilangkan prasangka buruk

Di antara penyebab ketergantungan pada pasangan, adalah pikiran buruk, bahwa pasangan akan meninggalkanmu. Prasangka negatif seperti ini, yang membuat kamu jadi membatasi gerak-gerik pasangan. Harus selalu berdua denganmu. Padahal, dia pun butuh waktu menyendiri atau melakukan aktivitas lain sendirian.

Semoga tips tadi bermanfaat, ya, untuk menghilangkan kebiasaan buruk terlalu bergantung pada pasangan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak