alexametrics

4 Tindakan Sederhana agar Menghargai Privasi Orang Lain

Rizki Putra
4 Tindakan Sederhana agar Menghargai Privasi Orang Lain
Ilustrasi wanita yang sedang kesal. (pexels.com/cottonbro)

Privasi adalah bentuk kehidupan pribadi, bebas bertindak, dan mempertahankan keinginan, yang sebaiknya bisa dihargai oleh orang lain. Suatu informasi pribadi merupakan hak bagi semua orang untuk mau disebar luaskan, atau cukup diri sendiri yang perlu tahu.

Namun, terkadang sebagian orang tidak paham soal privasi, sehingga seenaknya memperlakukan orang lain tanpa bisa menghormatinya. Maka dari itu, simak 4 tindakan sederhana agar menghargai privasi orang lain.

1. Jangan ikut campur soal kehidupan orang lain

Meskipun kamu tidak mempermasalahkan untuk menceritakan soal kehidupan pribadimu, tapi tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, kamu harus bisa membatasi diri untuk tidak kepo terhadap urusan orang lain.

Pasti akan ada orang yang tidak mau menceritakan apa-apa soal kehidupannya, karena hal itu sangatlah privasi baginya. Sebaiknya, jangan terlalu kepo atau ikut campur usurasan orang lain, kecuali memang orang lain bersedia mencerikannya kepadamu.

2. Jangan menyalahkan keputusan orang lain

Setiap orang pasti memiliki sudut pandangnya berbeda-beda. Karena kamu merasa keputusan yang dia ambil itu salah, bukan berarti menyalahkan atau menghakiminya.

Apalagi, hal itu tidak ada hubungannya denganmu, cenderung menandakan bahwa kamu adalah orang yang egois. Karena perbedaan tersebut, alangkah baiknya bisa menerima dan menghormati setiap keputusan yang diambil oleh orang lain.

3. Tidak menyebarkan pesan pribadi

Tentu semua orang bisa kesal kalau chat atau pesan pribadinya disebar luaskan, apalagi mengandung hal yang sensitif. Bagaimanapun juga, yang kamu anggap wajar belum tentu bagi orang lain.

Pasti orang lain memiliki alasan tersendiri mengapa tidak mau hal tersebut dikonsumsi oleh publik. Maka dari itu, meminta izinlah jika mau menyebarkan isi dalam pesan atau chat.

4. Jangan membuka HP orang lain tanpa meminta izin

Tentu saja HP adalah hal yang sifatnya personal. Mungkin, setiap orang memiliki data atau informasi yang sifatnya rahasia, dan tidak mau orang lain mengetahui hal tersebut.

Makanya, perlu meminta izin jika mau meminjam HP temanmu. Namun, jangan mengakses sesuatu hal yang sifatnya sensitif, tentu sangat tidak sopan.

Kalau kamu sudah melanggar privasi seseorang, pasti dia kesal, bahkan dia tidak akan suka berada didekatmu lagi. Maka dari itu, perlu menjaga privasi diri sendiri dan harus menghargai privasi orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak