facebook

4 Trik Biar Hidupmu Menjadi Lebih Produktif, Jangan Kebanyakan Mengeluh!

Rizki Putra
4 Trik Biar Hidupmu Menjadi Lebih Produktif, Jangan Kebanyakan Mengeluh!
Ilustrasi pria sedang persentasi. (pexels.com/RODNAE Productions)

Produktivitas merupakan mengukur suatu sumber daya yang ada dioptimalkan sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentu sangat dibutuhkan hidupmu biar produktif, supaya melakukan sesuatu hal secara singkat, tapi menghasilkan kualitas kerja yang tinggi.

Namun, melakukannya memang gampang gampang susah, tapi terkadang malas untuk mengawali pekerjaan dengan penuh semangat. Maka dari itu, simak 4 trik biar hidupmu menjadi lebih produktif.

1. Bangun pagi

Pasti kalau bangun pagi pikiran bisa berdampak pada kondisi tubuh, seperti pikiran menjadi fresh. Walaupun untuk memulainya saja terasa malas bagimu, namun bukan berarti kamu tidak bisa membiasakan untuk bangun pagi.

Bagaimanapun juga, kalau memulai aktivitas dari pagi hari, akan cenderung mempunyai energi lebih banyak ketimbang bangun disaat siang. Maka dari itu, kalau memang ingin hidupmu lebih produktif, sebaiknya mulailah aktivitas sedari pagi, agar pikiran dan energimu bisa maksimal.

2. Jangan kebanyakan mengeluh

Mengeluh adalah hak bagi setiap orang untuk melampiaskan permasalahannya. Namun, jangan sampai berlarut-larut, karena nantinya yang dipikirkan hanya sebatas kejadian masa lalu saja, sehingga enggan untuk lebih produktif bekerja.

Bagaimanapun juga, sesulit apa pun kondisi permasalahanmu, mengeluh bukan jalan yang tepat untuk mendapatkan solusi yang kamu hadapi. Secara tidak sadar malah menghilangkan rasa bersyukur yang ada di dalam diri, sehingga menambah beban pikiran atau stres yang membuatmu makin terpuruk. Kalau kamu bisa bersyukur atas nikmat yang telah kamu peroleh, justru menghindarkan diri dari pikiran negatif.

3. Buatlah strategi kerja berdasarkan skala prioritas

Ketika beban pekerjaan semakin banyak, mau enggak mau harus bisa membuat pola kerja yang baik. Seseorang yang memiliki produktivitas yang tinggi, cenderung mampu untuk mengatur skala prioritas kerja dan mengetahui apa saja perkerjaan yang mesti didahulukan setiap harinya.

Maka dari itu, strategi kerja berdasarkan prioritas sangatlah dibutuhkan supaya bekerja bisa lebih efektif. Sehingga, akan membuat pekerjaan secara detail dan terperinci hal apa saja yang perlu diselesaikan dalam menyelesaikan tugas.

4. Manajemen waktu

Manajemen waktu dibutuhkan supaya bisa lebih efektif dan efisiensi bekerja lebih maksimal demi menyelesaikannya tepat waktu. Hal utama dalam manajemen waktu adalah mempunyai kakter disiplin yang tinggi.

Orang yang memiliki karakter ini, cenderung akan terbiasa mengerjakan sesuatu tidak mau menunda-nunda. Karena akan sadar kalau selalu menunda, maka akan banyak peluang kedepannya bisa terlewatkan.

Berdasarkan ulasan di atas, tentu sangat dibutuhkan hidup bisa lebih produktif supaya bekerja bisa lebih efektif dan efisien. Di zaman sekarang jika tidak mau bekerja dengan baik, maka kualitas dirinya akan tertinggal oleh orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak