facebook

4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Rusak Hubungan, Sering Datang Telat!

Latifah ..
4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Rusak Hubungan, Sering Datang Telat!
Ilustrasi wanita sedang sebal. (unsplash.com/Joshua Rawson-Harris)

Kebiasaan buruk, meskipun itu sepele, tapi kalau rutin dilakukan, dampaknya bisa besar. Dan terkadang, permasalahan besar di hubungan, sebenarnya diakibatkan akumulasi dari berbagai persoalan kecil.

Maka dari itu, jangan remehkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Karena walau sepele, akibatnya dapat merusak hubungan. Seperti kebiasaan sepele berikut ini. Apa saja?

1. Sering datang terlambat

Kalau janji untuk datang tepat waktu saja kamu ingkari, bagaimana pasangan bisa percaya bahwa kamu akan menepati janji yang lebih besar, misalnya komitmen di hubungan. Kendati datang telat sudah jadi kebiasaan banyak orang Indonesia, bukan berarti itu benar.

Molor jadi jadwal, bisa menandakan bahwa omonganmu nggak bisa dipegang, tak profesional, atau kamu nggak menganggap penting orang yang akan kamu temui, yakni pasangan. Logikanya, kamu nggak mungkin, kan, datang telat ketika akan menghadap bos besar? Kariermu bisa runyam. Nah, kalau sikapmu pilih-pilih mengenai ketepatan waktu, tandanya, pasangan nggak kamu prioritaskan.

2. Saat kencan berpakaian seenaknya

Jarang bertemu, dan kencan ini jadi momen yang ditunggu-tunggu. Akan tetapi, saat datang, kamu berpakaian terlalu cuek. Padahal, pasanganmu sudah sangat memperhatikan penampilan. Ingin membuatmu senang!

Ketika melihatmu yang berpakaian seenaknya itu, meski ia tak berkata apa-apa, tapi hatinya menyimpan rasa kecewa. Karena, dia sudah memperlakukan pertemuan ini sebagai hal yang istimewa, tapi kamu biasa-biasa saja.

3. Sering menyepelekan masalah

Sepele di matamu, bukan berarti remeh di mata pasanganmu. Maka dari itu, kalau ada permasalahan, bicarakan dengan baik, dan dengarkan benar-benar apa yang diutarakan oleh pasangan. Dengan begitu, kamu bisa memahami permasalahan dari sudut pandangnya dan nggak bersikap meremehkan.

Sering menyepelekan masalah, bisa jadi racun dalam hubungan. Selain masalah yang ada nggak akan pernah terselesaikan, dan akhirnya selalu kalian alami. Sikapmu yang meremehkan masalah, juga bisa menyakiti hati pasangan, karena merasa pendapatnya tak dipentingkan.

4. Bersikap egois

Kalau egomu masih tinggi, mending jangan menjalin hubungan dulu. Karena yang namanya hubungan interpersonal, baik itu percintaan, pertemanan, dan yang melibatkan interaksi dengan manusia lain, nggak bisa bersikap egois. Itu akan membuat orang-orang di sekitarmu jadi sebal!

Nah, kalau masih ada kebiasaan tadi yang kamu lakukan, segera ubah diri, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak