alexametrics

5 Persyaratan Utama Menjadi Pengusaha Sukses, Kamu Sudah Punya?

Riva Khodijah
5 Persyaratan Utama Menjadi Pengusaha Sukses, Kamu Sudah Punya?
Ilustrasi pebisnis. (unsplash.com/Ruthson Zimmerman)

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi pengusaha. Terutama, kebebasan finansial. Namun, bukan rahasia lagi, kalau menjadi seorang pengusaha yang sukses, nggak gampang. Ada banyak kegagalan yang mesti kamu telan, sebelum bisa meraih kesuksesan.

Nah, kalau kamu ingin menjadi seorang pengusaha sukses, ada beberapa persyaratan utama yang mesti kamu penuhi. Apa saja?

1. Rasa ingin tahu yang tinggi

Seorang pengusaha yang sukses mesti kreatif. Dan kreativitas ini hanya bisa terasah, kalau kamu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Keingintahuan, membuat kamu berusaha mencari jalan keluar saat menemui kesulitan. Hal-hal yang sukar, nggak kamu lihat sebagai beban, melainkan tantangan.

2. Tidak gengsi

Kalau ingin menjadi sukses, jangan memperbesar gengsi, tapi usaha. Memelihara gengsi, malah bikin kamu sulit maju. Saat ingin mencoba sesuatu, urung melakukan, karena gengsi. Untuk menjadi pengusaha sukses, tak jarang harus berusaha rendah hati demi menjaring klien atau rekan bisnis. Tapi, dari kerendahan hati itulah dan nggak gengsi, kamu jadi bisa sukses dan jaringanmu luas.

3. Mampu mengelola uang dengan baik

Banyak pengusaha yang gulung tikar, bukan karena usaha mereka nggak maju. Melainkan, cara mengelola uangnya yang amburadul. Antara kebutuhan bisnis dan pribadi dicampur aduk. Tak jarang, kita melihat pengusaha yang sedang merintis, harus hidup hemat, supaya modalnya tak tergerus untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi, kalau disiplin ini bisa konsisten diterapkan, hasilnya akan terlihat. Bisnisnya maju!

4. Pantang menyerah

Melihat orang sukses, jangan cuma sisi enaknya saja. Tapi, ketahui pula bagaimana perjuangannya, supaya bisa menginspirasi dan menyadarkan kamu bahwa untuk meraih sukses itu tak mudah. Hanya orang yang pantang menyerah yang bisa meraih puncak. Kegagalan berulang kali, tak membuatnya kapok. Apakah kamu seperti itu?

5. Miliki jiwa kepemimpinan

Miliki jiwa kepemimpinan ini sangatlah penting. Karena nantinya, kamu akan berhadapan dengan karyawan yang punya kepribadian yang berbeda-beda. Pemimpin yang baik, bukanlah yang otoriter. Melainkan yang mampu menginspirasi mereka untuk bisa bekerja dengan maksimal.

Nah, dari persyaratan tadi, mana saja yang sudah kamu punya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak