alexametrics

4 Cara Memaafkan Kesalahan yang Pernah Diperbuat Olehmu, Yuk Move On!

Rizki Putra
4 Cara Memaafkan Kesalahan yang Pernah Diperbuat Olehmu, Yuk Move On!
Ilustrasi wanita sedang melukis. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perasaan bersalah terkadang membuat seseorang jadi mudah merenung dan menyalahkan diri sendiri. Sebab, telah menyadari bahwa telah melakukan suatu kesalahan yang melewati batas yang sewajarnya.

Namun, hal ini sangat sulit untuk diterima dan mau untuk segera move on dari kesalahan tersebut. Maka dari itu, simak 4 cara memaafkan kesalahan yang pernah diperbuat olehmu.

1. Cari penyebab perasaan itu muncul

Tidak mungkin muncul perasaan bersalah kalau tidak ada penyebabnya. Maka dari itu, carilah yang membuatmu merasakan hal tersebut, kecil atau besar harus bisa peroleh.

Bagaimanapun juga, supaya lebih mengetahui alasan semua ini bisa terjadi, sehingga kamu lebih bisa menempati kondisi yang seharusnya kamu pilih. Kerap kali, malah yang jadi beban pikiran suatu kesalahan yang bukan terjadi lantaran kesalahamu.

2. Harus bisa menerima kesalahan dengan lapang dada

Selalu menyangkal atau bahkan berlarut-larut dalam perasaan bersalah, malah membuatmu sulit untuk move on. Padahal, kesalahan masa lalu tidak bisa kamu ubah, yang ada malah menyalahkan diri sendiri dan merenunginya.

Bagaimanapun juga, untuk bisa memaafkan kesalahan yang pernah diperbuat olehmu bukan hal yang mudah. Sebaiknya, harus bisa menerima kesalahan dengan lapang dada, kalau tidak seperti itu malah akan menyiksa diri sendiri.

3. Jangan mengulang kesalahan yang sama

Bukan hal yang tepat jika terus-menerus tidak mau memaafkan kesalahan yang pernah dibuat. Bagaimanapun juga, tentu semua orang juga melakukan suatu kesalahan.

Namun, tergantung seseorang menyikapi dari kesalahan yang pernah dibuat, apakah tetap mau melakukan hal yang sama ataupun tidak. Sebenarnya, mengalami suatu kesalahan atau kegagalan adalah bentuk dari langkah baru yang perlu dilewati menuju kesuksesan.

4. Mulai memperbaiki diri

Ketika telah mau menerima dan tidak melakukan hal yang sama, sangat eksekusi secara nyata untuk mulai memperbaiki diri. Terkadang rasa bersalah membuat kita berpikir bahwa telah melakukan sesuatu hal di luar batas.

Berdasarkan ulasan di atas, terlalu berlarut-larut tidak memaafkan kesalahan yang pernah diperbuat bisa merugikan diri sendiri saat ini maupun kedepannya. Maka dari itu, jangan mengulang kesalahan yang sama dan mau menerimanya dengan berlapang dada.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak