alexametrics

4 Cara Menghindari Kesalahan di Tempat Kerja, Jangan Bikin Bos Marah Besar

Taufiq Sudjana
4 Cara Menghindari Kesalahan di Tempat Kerja, Jangan Bikin Bos Marah Besar
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Begitu ungkapan pepatah Arab. Tidak dipungkiri kita sering melakukan kesalahan dengan sengaja maupun tidak disengaja. Kita pun sering lupa terhadap apa yang kita lakukan itu merugikan orang lain atau tidak.

Beberapa alasan sering pula menjadi alibi pembelaan kesalahan kita. Bahkan kadang mencari-cari alasan pembenaran terhadap kesalahan yang kita perbuat.

Nah, bagaimana caranya supaya kita dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi di tempat kerja? Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Cari tahu aturan yang berlaku di tempat kerja

Ketika kita masuk di dunia kerja, tentunya akan dihadapkan dengan seperangkat aturan yang berlaku. Bukan hanya di tempat kita bekerja, melainkan juga peraturan perundang-undangan yang terkait dengan bidang pekerjaan kita.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, ada baiknya sebelum kamu mulai bekerja mencari tahu terlebih dahulu peraturan tersebut. Dari mulai Undang-undang Ketenagakerjaan, kode etik profesi, tata tertib dan pedoman pembagian kerja (job description) di tempat kerja kalian.

2. Beradaptasi dengan kebiasaan lingkungan kerja

Kita tidak bisa bekerja sendiri di lingkungan kerja. Apalagi sebagai manusia, kita disebut makhluk sosial. Tidak bisa terhindar dari interaksi dengan manusia-manusia lainnya.

Di tempat kerja pun demikian. Kita bekerja bukan untuk diri sendiri. Dalam beberapa pekerjaan pun sering melibatkan kerja tim bersama karyawan-karyawan lain yang ditugaskan. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari kesalahan dalam lingkungan kerja seperti itu, kita perlu beradaptasi dengan kebiasaan mereka. Dari mulai mengenal karakter individu-individu masing-masing karyawan, pimpinan, ritme kerja, target, serta pola-pola umum yang menjadi patokan di lingkungan kerja kita.

3. Membuka wawasan baru di luar hal yang kita sukai

Hal ini terkesan berat. Kita dituntut untuk membuka cakrawala pemikiran kita terhadap hal-hal yang tidak kita sukai. Seringnya kita menjaga jarak dengan zona nyaman kita terhadap orang lain atau hal-hal lain.

Dengan membuka pikiran tentang hal-hal yang tidak kita sukai akan melahirkan wawasan baru. Paling tidak, kita pun akan mengetahui hal-hal yang mungkin tidak disukai oleh orang lain. Dari sini kita dapat mawas diri menjaga tindak-tanduk kita sendiri supaya terhindar dari hal yang tidak disukai orang lain yang berakibat merugikan diri sendiri dan orang banyak.

4. Jangan malu belajar dan bertanya

Langkah ini tidak kalah penting dari langkah-langkah sebelumnya. Sebab kita selalu dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi dan menunjukkan diri sebagai karyawan yang profesional. 

Tidak mustahil kita akan menjadi karyawan yang berprestasi. Dengan belajar, belajar, dan belajar, serta memperbaiki kinerja kita. 

Pencapaian itu pun jangan sampai membuat kita takabur. Tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Bahkan sepatutnya kita semakin menyadari bahwa kita terlahir dari ketidaktahuan dan ketidaksempurnaan. Hanya dengan belajar, kita berusaha untuk memperbaiki serta meningkatkannya.

Itulah 4 hal yang harus kita lakukan untuk menghindari kesalahan di tempat kerja. Jika kalian berhasil melakukannya, diri kalian akan menjadi pribadi yang tangguh. Tentunya dengan tetap berpegang teguh berdasarkan norma agama, hukum, etika sosial, dan budaya kita sebagai makhluk beragama dan bagian dari warga negara Indonesia.

Jika pun kita melakukan kesalahan, terima dengan lapang dada bahwa kita memang memiliki keterbatasan kemampuan dalam hal-hal tersebut. Berjiwa besar mengakui kesalahan, memohon maaf, dan memperbaikinya. Karena sering kali kita tidak punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan yang kita perbuat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak