alexametrics

5 Alasan Jangan Terlalu Serius Berpacaran saat Usiamu Masih Muda

Riva Khodijah
5 Alasan Jangan Terlalu Serius Berpacaran saat Usiamu Masih Muda
Ilustrasi simbol cinta (pixabay.com/free-photos)

Jatuh cinta memang bisa dirasakan siapa pun, entah muda atau tua. Dan efek jatuh cinta itu sendiri bagi tiap orang bisa bermacam-macam. Ada yang positif, misalnya jadi semakin semangat mengejar mimpi karena sudah ada pasangan yang mendukung. Tapi, ada pula yang negatif, misalnya yang dulunya rajin belajar, sekarang jadi malas karena hobi pacaran.

Kalau kamu masih menginjak usia muda, sebaiknya jangan terlalu dipandang serius perkara cinta ini. Ada beberapa alasannya. Yuk, disimak!

1. Kamu masih perlu mengenal dunia

Dunia teramat luas, dan banyak hal menarik di dalamnya. Bila masih muda sudah terlalu serius menjalani urusan percintaan, kamu jadi banyak melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi luasnya dunia ini. Khawatirnya, di kemudian hari bakal bawa penyesalan.

2. Jaringanmu jadi terbatas

Koneksimu akan terbatas, kalau saat muda, bergaulnya dengan pacar atau lingkaran pertemanan yang itu-itu saja. Kamu gak bisa menikmati masa muda dengan sebenarnya. Bertemu dengan orang-orang baru, atau merasakan berbagai pengalaman seru. Jaringanmu jadi kurang luas!

3. Banyak persoalan yang gak bisa kamu hadapi dengan bijak

Namanya masih muda, pengalaman belum begitu banyak. Sehingga, caramu menyikapi masalah pun belum bisa bijak. Masih emosional dan berpikiran sempit.

Gak hanya bisa membuat hubunganmu jadi rentan rusak, hal tersebut juga jadi menghambat perkembangan dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih matang. Soalnya, proses belajarnya kurang!

4. Masa depanmu jadi taruhan

Ketika sedang dimabuk cinta, kamu merasa bahwa dunia ini terasa indah. Dan rasanya, semua permasalahan akan bisa dilalui, selama kalian saling mencintai.

Akan tetapi, kenyataan gak seindah itu. Keasyikan pacaran sekarang, membuatmu abai untuk mempersiapkan masa depan. Ingat, beras gak bisa dibeli dengan cinta, tapi pakai uang. Dan uang itu akan mudah didapat, kalau kamu benar-benar punya ilmu memadai. Gimana bisa pintar atau ahli, kalau sehari-hari, kerjanya pacaran melulu?

5. Yang menurutmu sempurna sekarang, belum tentu di masa depan

Sekarang, kamu melihat kalau pasanganmu adalah sosok sempurna. Tapi, boleh jadi ketika kamu semakin dewasa akan sadar, bahwa sebenarnya dia bukanlah pasangan yang tepat untukmu. Makanya, jangan langsung merasa kalian berjodoh, padahal, belum bertemu dengan berbagai tipe orang.

Jatuh cinta sah-sah saja, tapi jangan terlalu dianggap serius kalau kalian masih muda. Kehidupan kalian masih terbentang panjang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak