alexametrics

5 Tanda Kamu Termasuk Teman yang Toksik, Yuk Segera Sadar!

Latifah ..
5 Tanda Kamu Termasuk Teman yang Toksik, Yuk Segera Sadar!
Ilustrasi teman toksik (freepik.com/rawpixel-com)

Gak ada satu pun orang yang senang berhubungan dengan orang yang toksik. Kamu pun pasti bakal capek, kan, kalau senantiasa bergaul dengan teman yang beracun?

Nah, bisa jadi, tanpa sadar, di mata teman-temanmu, justru kamu yang bersikap toksik. Ini bisa jadi alasan kenapa mereka tampak menghindar darimu. Yuk, simak ciri-cirinya!

1. Mengabaikan pesan yang dikirim

Di era media sosial seperti sekarang, ada banyak yang menggunakannya tanpa memerhatikan etika. Misalnya, saat teman mengirim pesan, dan kamu cuma membacanya saja, tanpa respons sama sekali.

Sadar gak, sih, kalau itu kasar dan gak sopan? Meski kamu berencana untuk membicarakannya langsung nanti ketika bertemu, gak ada salahnya untuk menjelaskan lewat pesan. Cuma membaca tapi gak dibalas sama sekali, bisa melukai hati temanmu.

2. Membicarakan kejelekan teman di belakang

Kamu gak ada bedanya dengan musuh, apabila ada kekurangan atau kejelekan teman, bukannya diomongkan langsung, malah jadi bahan gosip di belakangnya. Sikap tersebut menandakan kamu bukanlah teman yang baik, dan toksik!

3. Menghina teman lewat lelucon

Meski kamu menganggapnya lelucon, tapi menjadikan kekurangan teman sebagai bahan lucu-lucuan, apalagi di depan banyak orang, hal tersebut mencirikan sikap yang toksik. Gak ada yang suka diperlakukan seperti itu. Dan sikap demikian, pertanda kalau kamu gak menghargainya.

4. Selalu mengkritik teman

Meski kamu berniat baik, tapi perhatikan. Kalau kamu sering mengkritik teman, untuk menuruti standarmu, itu pertanda kalau kamu sudah jadi teman yang beracun selama ini. Kamu gak bisa menerima apa adanya. Padahal, yang namanya teman sejati, mampu menerima kekurangan dan kelebihan teman sendiri.

5. Tak suka saat ia memiliki pasangan

Hubungan pertemanan yang sehat, ditandai dengan ikut bahagia ketika temannya senang, dan turut berempati ketika temannya berduka. Bila kamu teman yang baik, harusnya melihat teman bahagia karena sudah punya pasangan, kamu pun turut happy. Bukan malah cemburu atau iri hati.

Nah, kalau ada sikap-sikap tadi, sebaiknya segera mengubah diri. Itu pertanda kamu teman yang toksik. Dan bila gak segera diperbaiki, orang-orang akan mengucilkanmu, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak