alexametrics

5 Tanda Rekan Kerja Toxic, Awas Ditusuk dari Belakang!

Latifah ..
5 Tanda Rekan Kerja Toxic, Awas Ditusuk dari Belakang!
ilustrasi rekan kerja (pexels/Edmond Dant├Ęs).

Karakter tiap orang berbeda-beda. Kamu nggak bisa menebak isi hati mereka. Sekalipun di depanmu baik, belum tentu dalam hati memiliki perasaan yang sama.

Di bawah ini, beberapa tanda rekan kerja toxic yang mesti kamu waspadai. Terlalu percaya padanya, bisa berakibat fatal. Di antaranya, menghambat kemajuan karier, atau menjatuhkan citra baikmu. Yuk, kenali tanda rekan kerja toxic.

1. Suka menggunjing

Salah satu perilaku toksik yang kerap ditemui di tempat kerja, adalah kebiasaan bergunjing atau membicarakan keburukan orang lain. Meski yang dijelek-jelekkan bukan kamu, tetap saja harus waspada dengan tipe orang yang seperti ini.

Jika mampu menjelek-jelekkan orang lain, maka ia mampu pula untuk membicarakan aib di belakangmu. Jangan pernah percayakan rahasiamu padanya. Bahaya!

2. Sering mengeluh

Ciri lain dari perilaku toksik adalah sering mengeluh. Manusia memang makhluk yang tercipta nggak bisa lepas dari keluh kesah. Akan tetapi, orang yang terbiasa mengeluh, akan membawa aura negatif ke yang lain.

Jangan terlalu dekat dengan tipe rekan kerja seperti ini. Nggak hanya bisa membuang-buang waktumu akibat harus terus mendengarkan keluh kesahnya, kondisi mentalmu pun bisa terpengaruh. Yang tadinya semangat, jadi enggak akibat mendengar komplain negatifnya.

3. Haus perhatian

Haus perhatian sah-sah saja, selama nggak merugikan orang lain. Nah, yang mesti kamu hindari, adalah tipe rekan kerja yang demi mendapatkan perhatian, jadi nggak mengakui kerja keras anggota tim lainnya. Misalnya, mengklaim prestasi proyek sebagai usahanya sendiri, padahal, kamu dan rekan-rekanmu yang lain turut andil.

4. Sering menyalahkan orang lain

Jangan dekat-dekat dengan orang yang senang mencari kambing hitam. Hal itu terlahir dari sikap egois, yang nggak mau mennggakui kesalahan. Ketika melakukan kekeliruan, bukannya sadar diri dan meminta maaf, malah sibuk menyalahkan orang lain. Tipe rekan kerja seperti ini mengesalkan!

5. Suka mendiskriminasi

Bukan orang yang baik, kalau kebaikan hatinya pilih-pilih. Giliran dengan kelompok tertentu manis, tapi dengan yang lain kasar dan berperilaku kejam. Sikap diskriminatif seperti ini jangan pernah ditolerir!

Nah, itu dia beberapa tipe rekan kerja toxik. Pernah ketemu yang mana saja?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak