alexametrics

4 Perilaku yang Tidak Disadari Justru Mengganggu Rekan Kerjamu

Bagus Pra
4 Perilaku yang Tidak Disadari Justru Mengganggu Rekan Kerjamu
Ilustrasi berdebat di tempat kerja. (pexels.com/Yan Krukov)

Ketika bekerja di perusahaan aka nada interaksi yang dilakukan dengan rekan kerja lainnya. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan tugas-tugas dan sudah menjadi tanggung jawab bagi karyawan.

Namun, memang ada terjalin kedekatan ketika sedang di kantor, tapi tanpa sadar keakraban tersebut malah menjadi melampaui batas. Jangan heran kalau rekan kerjamu risih, walaupun tidak menyampaikannya langsung kepadamu. Maka dari itu, simak 4 perilaku yang tidak disadari justru mengganggu rekan kerjamu.

1. Orang yang kesannya pribadi

Memang komunikasi terkadang dibutuhkan pada di jam kerja maupun setelahnya. Mungkin, di luar jam kerja terkadang kita suka membahas soal pekerjaan dengan rekan kerja. Namun, tidak sadar tiba-tiba topik obrolan menjerumus tentang hal yang sifatnya pribadi.

Hal inilah yang bisa membuat rekan kerjamu terganggu terhadap hal itu. Sebab, tidak semua orang mau berbagi atau berdiskusi seputar konteks pribadi. Jangan heran dia akan risi, walaupun dia tidak menyampaikannya secara langsung kepadamu.

2. Tanpa sengaja menyentuhnya

Pasti di tempat kerjamu akan ada banyak aktivitas yang terjadi sentuhan antar karyawan, entah itu disengaja ataupun tidak. Ada beberapa orang merasa tidak senang jika harus bersentuhan dengan orang lain.

Sebab, membuatnya merasa tidak nyaman oleh tingkah lakunya, walaupun itu tanpa disengaja. Misalya saja ingin berpamitan untuk pulang, kamu tanpa sengaga menepuk badannya. Pasti kalau orang yang tidak senang dengan perlakuan tersebut, bisa dilihat secara langsung olehmu. Meski tanpa dia menyampaikannya langsung kepadamu.

3. Mengomentari tentang bentuk tubuh serta penampilan

Tidak semua orang akan merasa senang, jika dikomentari tentang hal pribadinya. Contohnya seperti bentuk tubuh serta penampilan. Sebab, hal ini membuatnya merasa tidak nyaman kalau diperlakukan seperti itu.

Apalagi, kamu melakukannya dengan lawan jenis. Walaupun niat hati hanya sekedar mencari topik obrolan atau basa-basi, ada baiknya untuk menahan diri untuk melakukannya, agar tidak ada salahpaham, ya!

4. Mengganggu privasinya

Hal ini termasuk juga dengan telepon genggam, penghasilan, isi dompet dan lainnya. Mungkin, kamu berniat bercanda atau menggodanya dengan mengintip telepon genggamnya kalau sedang chatting dengan gebetan atau pacarnya.

Responnya darinya memang juga ikut tertawa denganmu, tapi di dalam hatinya kamu tidak pernah tahu seberapa kesal dirinya terhadapmu. Hal inilah yang harus tidak dilakukan. Sebab, telah menggangu ruang privasinya.

Berdasarkan ulasan di atas, ternyata tindakan sederhana ini justru mengganggu rekan kerja kita. Kalau mereka sudah kesal dengan perlakuanmu tersebut, pasti akan berdampak dengan kedekatan kalian yang mulai memburuk.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak