alexametrics

5 Ide Manfaatkan Media Sosial untuk Hal Positif, Bisa Hasilkan Uang!

Latifah ..
5 Ide Manfaatkan Media Sosial untuk Hal Positif, Bisa Hasilkan Uang!
Ilustrasi Instagram. (pexels.com/energepic.com)

Ada banyak dampak buruk dari media sosial. Di antaranya, bisa merusak hubungan akibat kecanduan menggunakan, sampai tak lagi perhatian pada pasangan. Atau, banyak yang menjadikan media sosial sebagai alat ujaran kebencian.

Kendati banyak dampak buruk, manfaatnya juga nggak sedikit. Semua itu kembali pada masing-masing orang untuk bagaimana menggunakannya.

Berikut ini ada beberapa ide memanfaatkan media sosial untuk hal positif. Ingin tahu? Disimak, yuk!

1. Sarana belajar

Kegunaan pertama dari media sosial yang membawa dampak positif, yakni sebagai sarana belajar. Lewat video maupun kumpulan gambar, kamu bisa mempelajari berbagai ilmu atau skill.

Mulai dari keterampilan memasak, membuat kerajinan, belajar mengenai manajemen keuangan, tutorial merias wajah, dan banyak pengetahuan lainnya. Yang menyenangkan, banyak yang gratis!

2. Saling berbagi semangat

Hal positif lain dari media sosial, kamu bisa gunakan sebagai sarana memotivasi diri sendiri di kala sedang lelah atau nggak semangat. nggak hanya itu, kamu pun bisa membagikan ke banyak orang, sehingga mereka pun tertular semangat.

3. Mendapatkan jawaban mengenai persoalan yang kamu hadapi

Dengan jangkauan yang luas, sekarang kalau kamu ingin tahu sesuatu, dan sulit mencarinya lewat mesin pencari, kamu bisa tanyakan langsung di media sosial. Karena yang baca pun beragam, kamu jadi bisa lebih cepat mendapatkan jawaban, dan umumnya lebih akurat karena berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

4. Jadi media jualan

Sudah banyak yang menggunakan media sosial sebagai alat jualan atau untuk menawarkan jasa. Apalagi kalau pengikutnya sudah banyak. Kemungkinan besar yang kamu tawarkan bisa laris manis.

Sebagai contoh, media Instagram banyak digunakan untuk memasarkan produk kuliner. Dengan gambar yang didesain menarik dan menggugah selera, medsos menjadi alat pemasaran yang sangat efektif untuk menghasilkan pundi-pundi.

5. Mencari informasi tentang pelesiran

Semenjak berkembang pesatnya media sosial, orang jadi lebih aware terhadap pariwisata lokal. Gimana nggak tergiur untuk jalan-jalan saat melihat berbagai foto yang dijepret dengan apik, menampilkan keindahan berbagai tempat wisata. Tentu ini kabar baik, karena jadi mendongkrak pariwisata lokal.

Nah, dari penggunaan tadi, mana saja yang sering kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak