alexametrics

4 Tips Bangun Rumah Tangga Anti Cerai, Hilangkan Sifat Saling Menyalahkan!

Latifah ..
4 Tips Bangun Rumah Tangga Anti Cerai, Hilangkan Sifat Saling Menyalahkan!
Ilustrasi pasangan suami istri. (pexels.com/Caleb Oquendo)

Ketika membina rumah tangga, semua pasangan pasti ingin agar pernikahannya bisa damai dan langgeng. Untuk mewujudkannya, tentu saja butuh upaya dari kedua belah pihak. Dan berikut ini, ada beberapa tips membangun rumah tangga yang awet dan anti cerai!

1. Mendengarkan pasangan

Salah satu sebab paling umum yang merusak rumah tangga dan harus berakhir dengan cerai, akibat komunikasi yang berjalan tak lancar. Ini bisa disebabkan, ketika pasangan berbicara, kamu malah sibuk melakukan hal lain.

Akibatnya, pasangan jadi nggak merasa dihargai. Dan di hari-hari berikutnya, dia jadi malas untuk mengobrol denganmu, dan memilih berbincang dengan teman-temannya. Yang bahaya, kalau ternyata temannya itu lawan jenis. Bermula dari saling ngobrol biasa, berubah jadi nyaman. Nah, lho, bahaya kan?

2. Berani mengungkapkan perasaan

Masalah komunikasi yang lainnya, yakni kamu dan pasangan nggak bisa berterus terang. Dengan alasan nggak enak, atau nggak mau pasangan nanti marah, kamu jadi memendam perasaan.

Dan sikap ini nggak baik, lho, dalam hubungan. Sejatinya, rumah tangga yang sehat, nggak hanya awet, tapi juga akur, adalah pasangan yang mampu bersikap jujur dan terbuka. Sehingga, kalau ada permasalahan, bisa langsung dibicarakan dan selesaikan.

3. Saling kompromi

Tips lain yang perlu kamu terapkan bersama pasangan, yaitu saling kompromi. Ini penting, supaya hubungan berjalan dengan setara.

Tanpa ada kompromi, kamu jadi selalu ingin menang sendiri. Ego yang kelewat tinggi inilah, yang dapat menyebabkan pasangan jadi nggak betah lagi menjalani rumah tangga. Tertekan dan makan hati!

4. Hilangkan sifat menyalahkan

Biasakan, di hubungan apa pun, baik itu percintaan, pertemanan, hingga hubungan profesional, buang jauh-jauh hobi menyalahkan. Bila salah, akui dan minta maaf. Bukan mencari kambing hitam. Orang benci, lho, dengan sikap seperti itu.

Membangun rumah tangga yang awet memang bukan hal mudah. nggak hanya awet aja, tapi juga selalu diliputi kebahagiaan.

Tapi, itu semua bisa kamu raih, apabila kalian berdua berkomitmen untuk menerapkan hal-hal yang bisa menjaga keutuhan rumah tangga. Seperti tips yang tadi sudah dijelaskan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak