alexametrics

4 Penyebab Kamu Mengalami Kesulitan untuk Mencintai Diri Sendiri

Rizki Putra
4 Penyebab Kamu Mengalami Kesulitan untuk Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi wanita sedang di balik pagar. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk bisa mencintai diri sendiri memang bukanlah perkara yang mudah. Sebab, terkadang kita harus mencari tahu sesuatu hal yang terbaik di dalam diri. Namun, kalau belum menemukannya, justru akan terasa insecure, alhasil bisa membenci diri sendiri.

Hal inilah penyebab tidak bisa mencintai diri sendiri karena mempunyai kekurangan di dalam diri. Maka dari itu, simak 4 penyebab kamu mengalami kesulitan untuk mencintai diri sendiri.

1. Terlalu sibuk mencari validasi orang lain

Salah satu penyebab terasa sulit mencintai diri sendiri terjadi karena terlalu sibuk mencari validasi orang lain. Terkadang mendapatkan pengakuan dari orang lain membuat diri kita merasa bahagia.

Namun, kalau sebaliknya justru bisa membuatmu membenci diri sendiri. Padahal, sudut pandang orang berbeda-beda dan tidak bisa dipastikan mana yang terbaik. Sebaiknya, tidakcperlu harus menunggu atau mencari validasi orang lain agar bisa mencintai diri sendiri.

2. Merasa ingin dicintai oleh orang lain

Kesulitan untuk mencintai diri sendiri tentu terjadi disebabkan oleh merasa ingin dicintai oleh orang lain. Hal ini memaksa kita untuk merubah diri kita untuk menjadi orang lain, tujuannya untuk bisa diterima dalam suatu lingkungan.

Sebaiknya, kalau menginginkan diterima secara baik oleh orang lain justru harus bisa mencintai diri sendiri. Sebab, bertindak apa adanya akan lebih dihargai oleh orang lain, dibandingkan dianggap srbagai manusia bermuka dua. Selain itu, pasti akan ada proses seleksi alam untuk mengetahui orang yang benar-benar tulus menemani kalau bisa bersikap mencintai diri sendiri.

3. Kerap kali menyalahkan diri sendiri

Perasaan kecewa dengan diri sendiri bisa terjadi ketika kita melakukan sesuatu kesalahan. Apalagi kejadian tersebut membekas dibenakmu yang menyrbabkanmu sulit untuk memaafkan diri sendiri.

Bagaimanapun juga, membenci diri sendiri merupakan hal yang buruk harus bisa dihilangkan perasaab tersebut. Solusinya, agar bisa berdamai dengan persoalan tersebut perlu untuk tidak terus-menerus menyalahkan diri sendiri. Alhasil, bayang-bayang masa lalu bisa secara pelan-pelan akan jadi bahan evaluasi diri menjadi lebih baik lagi kedepannya.

4. Memandang orang lain lebih baik dibandingkan dirimu

Pada dasarnya hampir banyak orang tentu pernah berhadapan dengan perasaan insecure. Maksudnya, menganggap orang lain jauh lebih baik dibandingkan dirimu.

Hal ini sangatlah berdampak buruk jika terus-menerus terjadi. Sebab, akan ada perasaan tidak bisa menerima kondisi diri sendiri dengan baik. Selain itu, menghilangkan motivasi di dalan diri karena menganggap merasa bahwa diri kita tertinggal oleh orang lain.

Berdasarkan ulasan di atas, jangan menunggu sempurna dahulu baru mau mencintai. Namun, terimalah dan rangkul kekurangan di dalam diri. Selain itu, belajarlah mengendalikan diri sendiri untuk tidak mudah dikendalikan oleh orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak