alexametrics

4 Alasan Penting Harus Memiliki Side Job Walau Sudah Berpenghasilan Tetap

Rizki Putra
4 Alasan Penting Harus Memiliki Side Job Walau Sudah Berpenghasilan Tetap
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Kampus Production)

Sudah semestinya bekerja telah menjadi rutinitas di hidup kita. Sebab, hal ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, kalau belum memiliki penghasilan tetap, kebanyakan orang akan menjadi side job atau freelance.

Tapi bagi yang sudah memiliki gaji tetap, ada baiknya untuk memiliki side job agar tidak selalu tergantung dengan pekerjaan utama. Maka dari itu, simak 4 alasan penting harus memiliki side job walau sudah berpenghasilan tetap.

1. Untuk ajang menyalurkan hobi

Bukan jadi permasalahan besar jika saat ini kamu bekerja bukan pada minatmu yang sebenarnya. Sebab, kita tetap harus resilient atau sikap beradaptasi dengan tekanan hidup yang ada. Kalau tidak tahan banting dengan keadaan justru akan menyulitkan diri kita dan orang terdekat. Hal ini juga supaya demi survive menghadapi tantangan kehidupan.

Bagaimanapun juga, ada momen dimana akan terasa jenuh dengan keadaan tersebut. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita mengerjakan hal yang kita sukai atau hobi. Namun, bukan hanya sekedar bersenang-senang saja, sebaiknya mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan dari minatmu itu.

2. Supaya waktu luangmu lebih bermanfaat

Memang sangat disayangkan kalau waktumu hanya dibuang dengan hal yang kurang bermanfaat. Apalagi, cuman sekedar rebahan dengan waktu yang lama. Daripada semua jadi sia-sia lebih baik dimanfaatkan untuk mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan baru.

Mungkin sudah banyak temanmu yang mulai fokus dengan kesibukkannya masing-masing. Alhasil, lingkungan pertemanan sudah jarang kumpul bareng. Ini waktunya yang tepat untukmu mencari kesibukkan juga, ya!

3. Membantu untuk mencapai financial freedom

Pastinya semua orang menginginkan kondisi finansial yang baik, seperti memiliki dana pensiun, mempunyai usaha yang berkembang, dan memiliki investasi. Namun, untuk mewujudkan semua tentu memperlukan proses yang tidak sebentar. Apalagi, kamu mulainya dari kecil, pasti membutuhkan kesabaran yang ekstra mencapainya.

Maka dari itu, dengan memiliki side job akan mempercepatmu untuk mewujudkan itu semua secara perlahan-lahan. Sebab, hal tersebut tentu memperlukan modal agar bisa merasakan financial freedom. Bagaimanapun juga, semakin banyak sumber penghasilan yang kamu terima, maka akan semakin mempercepat mendapatkan itu semua.

4. Bisa digunakan untuk dana darurat

Kondisi pandemi COVID-19 merupakan hal yang bisa jadi pelajaran bagi kita semua. Sebab, akan ada hal yang tidak terduga dalam hidup bisa terjadi. Alhasil, sudah banyak orang yang merasakan dampaknya, mulai dari kehilangan pekerjaan, kesehatan yang memburuk, atau bahkan kondisi ekonomi yang merosot.

Karena hal tersebut alangkah baiknya kita memiliki dana darurat untuk membantu kita ketika menghadapi sesuatu hal yang tidak terduga. Dengan memiliki side job yang sudah kita rintis sedini, akan membantu kita ketika terpaksa harus keluar dari pekerjaan. Sehingga, kita tetap bisa memiliki penghasilan sampai mendapatkan pekerjaan baru.

Berdasarkan ulasan di atas, sangat penting memiliki side job, asalkan mampu membagi waktu dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak