alexametrics

4 Alasan Pentingnya Belajar Merelakan, Biar Hidup Lebih Tenang

Rizki Putra
4 Alasan Pentingnya Belajar Merelakan, Biar Hidup Lebih Tenang
Ilustrasi merelakan. (pexels.com/Daniel Reche)

Maksudnya, bukan artinya kita merelakan begitu saja tanpa berusaha memperoleh kembali yang diinginkan. Namun, tetap harus memahami batasan ketika ingin belajar merelakannya.

Sebab, kalau kita memaksa diri sampai-sampai mengorbankan sesuatu hal yang sudah sepatutnya bukan milikmu lagi. Maka dari itu, simak 4 alasan pentinya belajar merelakan.

1. Kalau tidak bisa merelakan akan menjadi beban bagi hidupmu

Sesuatu hal yang sudah sepatutnya bukan milikmu lagi, memang harus bisa merelakan agar tidak menjadi beban pikiranmu. Sebab, masih ada hal yang jauh lebih penting kamu prioritaskan yang sepatutnya masih harus diperjuangkan.

Kalau kamu telah bisa belajar merelakan, justru bisa memfokuskan diri untuk mencari sesuatu hal yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Alhasil, kamu bisa hidup tanpa dibebani dengan kenangan masa lalu.

2. Akan banyak kehilangan kalau makin bertambah usia

Mungkin akan ada cobaan hidup yang silih berganti di dalam kehidupan ini. namun, kehilangan sesuatu hal yang kamu sayangi memang sangatlah menyakitkan.

Namun, kalau kamu tidak bisa merelakannya, justru akan timbul rasa amarah lantaran merasa ketidakadilan. Bagaimanapun juga, semua orang pasti akan merasakan apa yang telah rasakan.

3. Hal yang sudah pergi akan tetap pergi

Pada dasarnya, kita harus berusaha bekerja keras untuk memperoleh sesuatu hal. Namun, semua perjalanan hidup yang dilalui bukan kamu yang menetapkannya. Sehingga, jangan memaksa diri untuk melakukan hal di luar batasmu.

Sebab, yang telah pergi tetap akan pergi dari kehidupanmu. Kalau kamu bertindak tidak merelakan, justru membuatmu semakin terpuruk dalam kesedihan.

4. Apa yang telah hilang akan diganti suatu saat nanti

Walaupun rasa kehilanganmu telah digantikan dengan yang baru, tentu tidak selalu mendapatkannya sama dengan yang sebelum. Bisa lebih baik ataupun sebaliknya.

Hal ini terjadi untuk bisa mengajarkanmu untuk bisa tetap bersyukur atas apa yang dimiliki. Alhasil, dirimu tidak mudah iri hati terhadap pencapaian orang lain.

Berdasarkan ulasan di atas, kalau telah belajar merelakan sesuatu hal, pasti menjalani kehidupan bisa lebih nyaman dan damai. Maka dari itu, kita tetap harus memperjuangkan mendapatkan sesuatu hal. Tapi, kalau memang bukan jadi hakmu, maka harus bisa merelakannya, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak