alexametrics

4 Hal Ini yang Tak Seharusnya Kamu Malu Memilikinya, Jangan Minder!

Rizki Putra
4 Hal Ini yang Tak Seharusnya Kamu Malu Memilikinya, Jangan Minder!
Ilustrasi pemalu. (pexels.com/Pragyan Bezbaruah)

Rasa malu memang hal yang penting dimiliki oleh manusia. Sebab, kalau tidak memilikinya akan bertindak seenaknya tanpa memikirkan orang disekitarnya. Ketika memiliki rasa malu, justru membuat kita berpikir untuk melakukan suatu tindakan, apakah menyebabkan aib bagi diri ataupun tidak.

Namun, bahaya kalau tidak bisa menempatkan kondisi malu sebagaimana mestinya. Contohnya, seperti 4 hal ini yang tak seharusnya kamu malu memilikinya.

1. Memiliki impian

Walaupun impian terkadang sudah kita miliki sedari kecil, namun tidak ada salahnya memiliki hal tersebut meskipun terlihat mustahil. Sebab, tidak semua orang berani mempunyai impian, entah karena beresiko ataupun malas memikirkannya.

Namun, kalau sudah memiliki keyakinan untuk mewujudkannya, disertai dengan kemampuan yang sesuai, pastinya akan motivasi dalam diri untuk bisa mewujudkannya. Maka dari itu, janganlah malu jika impianmu di remehkan oleh orang lain, ya!

2. Berhak mengekspresikan yang sedang kamu rasakan

Pasti setiap orang memiliki emosinya masing-masing dalam diri ketika menghadapi suatu persoalan. Namun, karena takut direndahkan atau malah jadi aib diri, justru memilih untuk memendamnya.

Padahal, luapkan saja perasaan tersebut daripada jadi penyakit hati. Terkadang bisa mengekspresikan isi hati ada manfaatnya juga, lho! Misalnya membuat hati bisa lebih lega, dan pikirkan pun bisa kembali fresh. Namun, setiap emosi yang diluapkan tetap ada batasannya, ya!

3. Berhak untuk menolak

Kalau kamu tipikal orang yang enggak enakan, memang cenderung terlalu takut untuk menolak tawaran dari orang lain. Meskipun yang ditawarkan menurut orang lain adalah sebuah peluang, belum tentu bagimu. Sebab, setiap orang memiliki perbedaan pandangannya masing-masing.

Jika hal tersebut tidak cocok menurut hati dan pikiranmu, tidak masalah untuk menolaknya. Kalau pun kamu memaksakan diri mengiyakan, pasti dirimulah yang menanggung semua keputusan yang kamu ambil.

4. Kondisi ekonomi

Hidup di tengah lingkungan sosial memang ada beragam persepsi di masyarakat. Ada yang menganggap melihat orang kaya raya dan hidup menikmati dari apa yang telah kamu hasilkan, justru dianggap sombong. Begitu pun dengan kondisi sedang miskin malah dianggap remeh.

Hal inilah yang membuat kita malu untuk mengungkapkan kondisi ekonomi kita yang sesungguhnya. Maka dari itu, belajarlah untuk bisa mengakui apa adanya pada diri sendiri ataupun kepada orang lain, agar hidup bisa lebih tenang supaya tidak ada sikap berdusta.

Berdasarkan ulasan di atas, mengakui jati diri sendiri justru jangan membuatmu takut untuk bisa bersikap jujur terhadap dirimu dan juga orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak