alexametrics

Ini 4 Side Job untuk Mahasiswa yang Ingin Menghasilkan Uang

Rizki Putra
Ini 4 Side Job untuk Mahasiswa yang Ingin Menghasilkan Uang
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Tim Douglas)

Meskipun kamu tetap harus fokus belajar semasa kuliahmu, bukan berarti kamu tidak perlu bekerja, ya! Sebab, pengalaman adalah hal yang terpenting untukmu membangun kepribadianmu menjadi lebih baik.

Selain itu, akan melatih untuk bisa mengelola waktu atara kuliah dan juga bekerja. Maka dari itu, simak 4 side job untuk mahasiswa yang ingin menghasilkan uang.

1. Menjadi daily worker di restoran atau hotel

Pada hari weekend terkadang restoran ataupun hotel memerlukan daily worker untuk membantu operasional usahanya. Namun, memang untuk bekerja padang bidang ini harus bisa disiplin dengan SOP yang telah berlaku. Sebab, terkadang aturan tersebut cukuplah ketat.

Dengan memiliki pengalaman ini, akan melatih keuletan dan inisiatif dalam bekerja, ini bisa jadi modalmu nanti jika berkarier sesuai bidangmu. Lowongan daily worker untuk restoran biasanya tersedia untuk bagian server, runner, dan logistik. Untuk hotel pun sama dengan restoran, namun ada juga bagian housekeeping, dan reservation agent.

2. Barista

Pada era saat ini, sudah banyak coffee shop yang dibangun. Alhasil, lowongan untuk bagian barista juga saat ini banyak dicari. Hal ini juga ada yang membuka lowongan part time. Nah, ini cocok untuk para mahasiswa.

Mungkin diawal akan menemui kesulitan dalam proses belajarnya. Namun, kalau sudah terbiasa pasti akan jadi mahir, kok!

3. Jadi guru private

Kalau kamu menyukai mengajar dan berkomunikasi, maka tidak ada salahnya untuk menjadi guru privat. Namun, sebaiknya kamu juga harus menguasai bidang ilmu yang ingin kamu tekuni sebagai guru privat.

Kalau ingin mendapatkan lowongan pekerjaan guru privat, kamu bisa membuka jasa secara langsung atau melamar pekerjaan pada perusahaan yang bergelut dibidang mengajar privat.

4. Menjadi penulis freelance

Kalau kamu memang menyukai pada bidang kepenulisan, sudah sebaiknya menjadi penulis freelance. Saat ini sudah banyak platform yang mempertemukan antara client dan juga freelancer.

Atau kamu bisa menulis pada blog, lalu memonetisasinya dengan beragam cara. Daripada tulisanmu hanya nganggur, lebih baik di posting di blog pribadimu, ya!

Berdasarkan ulasan di atas, tidak hanya uang saja yang bisa kamu terima, pengalaman dan juga relasi bisa diperoleh jika kamu mau bekerja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak