alexametrics

4 Strategi Merintis Karier di Era New Normal, Awas Persaingan Kerja Semakin Ketat!

Rizki Putra
4 Strategi Merintis Karier di Era New Normal, Awas Persaingan Kerja Semakin Ketat!
Ilustrasi bekerja di era new normal (pexels/Ivan Samkov).

Efek bola salju dari pandemi COVID-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan saja. Namun, sektor usaha pun merasakan efeknya. Alhasil, sudah banyak perusahan tidak mampu bertahan di tengah kesulitan ini, sehingga terpaksa gulung tingkar dan karyawan pun dirumahkan.

Pandemi membuat semakin banyak orang menjadi pengangguran. Hal itu berarti merintis karier pun semakin tidak mudah. Pasalnya, persaingan mencari kerja juga semakin ketat. Oleh sebab itu, simak 4 strategi merintis karier di tengah era new normal.

1. Beradaptasi dengan kondisi saat ini

Pandemi ini tentu mengubah tatanan kehidupan masyarakat dibandingkan sebelumnya. Oleh sebab itu, kita harus bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini.

Melihat sektor usaha lain yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang meski di era new normal, cobalah untuk adaptasi. Kamu  bisa mengeksplor keahlian yang dibutuhkan pada sektor tersebut.

2. Manfaatkan relasi yang kamu miliki

Kalau saat ini kamu terdampak oleh kondisi pandemi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan relasi. Entah pada keluarga, teman, atau kolega, untuk sekadar menanyakan lowongan perkerjaan atau membantu untuk mencarikan peluang usaha untukmu.

Sebab, dalam kondisimu ini, justru perlu berdiskusi dengan orang lain untuk tetap bisa bertahan terhadap persoalan yang sedang dihadapi. Mungkin, saja kamu mendapatkan ide untuk membuka usaha atau bekerja di sektor yang berbeda.

3. Mengembangkan kemampuan baru

Bukan sepatutnya kamu minder jika keahlianmu saat ini sudah tidak relevan dengan era new normal. Sebaiknya, tidak ada salahnya untuk merintis karier baru pada bidang yang berbeda dengan latar belakangmu.

Sebab, sudah bukan saatnya cuma meratapi nasib tanpa ada aksinya nyata. Bagaimanapun juga, saat ini sudah banyak informasi yang bisa kamu peroleh melalui internet untuk mendapatkan kemampuan baru. Jangan minder, ya!

4. Cari pekerjaan sampingan

Kalau kondisinya kamu masih bekerja, tetapi penghasilan yang diperoleh tidak penuh, maka sudah sebaiknya kamu mencari pekerjaan sampingan. Oleh sebab itu, ketahui kemampuan terbaikmu yang bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Berdasarkan ulasan di atas, sudah sepatutnya kita harus bisa beradaptasi dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin jika tetap ingin bertahan pada era saat ini. Siapkan karier kamu baik-baik ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak