alexametrics

4 Tips Ampuh Usir Bad Mood, Bikin Hidup Kamu Jadi Lebih Maju!

Riva Khodijah
4 Tips Ampuh Usir Bad Mood, Bikin Hidup Kamu Jadi Lebih Maju!
Ilustrasi wanita muram bad mood (unsplash/averie woodard).

Bad mood bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gak hanya itu, suasana hati yang buruk, juga dapat merusak hubunganmu dengan sekitar. Kamu jadi gampang marah atau tersinggung.

Ada beberapa tips untuk mengusir bad mood yang kamu rasakan. Supaya, gak sampai mengganggu tugas atau pekerjaan. Simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menenangkan pikiran. Gak ada salahnya ketika suasana hatimu sedang tak baik, coba ambil waktu untuk menenangkan diri. Misalnya, dengan mendengarkan musik, menulis di jurnal mengenai apa yang sedang kamu rasakan, atau hal lain.

Meski tampak “buang-buang waktu”, justru dengan menyisihkan waktu sebentar saja untuk rehat sejenak, pikiranmu bisa segar kembali. Setelah itu, kamu bisa beraktivitas normal lagi.

2. Kenali hal yang bisa menyebabkan suasana hatimu buruk

Kamu pasti gak sekali dua kali mengalami bad mood. Cobalah kenali polanya. Apa yang jadi penyebabnya. Setelah itu, lakukan upaya untuk menghindarinya, sekaligus antisipasi jika hal itu terjadi, apa yang mesti kamu lakukan.

Misalnya, suasana hatimu bakal jelek kalau bangun kesiangan. Maka, usahakan agar di malam sebelumnya bisa tidur lebih awal sehingga bisa bangun tepat waktu. Kemudian, kalau sudah terlanjur bangun kesiangan, apa yang mesti kamu lakukan biar gak terus-terusan bad mood. Misalnya mengatur pernapasan, mendengarkan musik yang tenang, minum teh hangat, dan sebagainya.

3. Banyak gerak

Cara lain untuk melawan suasana hati yang buruk, adalah dengan banyak gerak. Misalnya, olahraga pagi, loncat-loncat, lakukan peregangan, atau apapun yang membuat konsentrasimu jadi teralihkan ke gerakan, bukan ke hal-hal yang bikin kamu kesal.

4. Curahkan perasaan

Memang, sering-sering curhat itu gak baik. Karena jadi membiasakan diri untuk mengeluh. Tapi, kalau jarang-jarang, curhat itu malah bisa membuatmu jadi lebih lega. Jadi, cobalah kenali dirimu sendiri.

Jika memang dirasa sudah terlalu kesal dan seperti ada yang mengganjal dalam hati, gak ada salahnya untuk bicarakan apa yang membuat kamu bad mood ke temanmu.

Ingat, lho, suasana hati yang gak enak, jangan terus dituruti. Bisa membuatmu gak produktif. Harus dilawan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak