alexametrics

5 Hal Wajib Ada pada Hubungan yang Sehat, Cek Bagaimana Kamu dan Pasangan!

Riva Khodijah
5 Hal Wajib Ada pada Hubungan yang Sehat, Cek Bagaimana Kamu dan Pasangan!
Ilustrasi pasangan. (freepik.com/prostooleh)

Memiliki hubungan asmara yang sehat, adalah dambaan tiap pasangan. Karena hubungan cinta yang berjalan dengan baik, membuat masing-masing individunya merasa bahagia.

Nah, apakah hubungan kamu dan pasangan termasuk sehat? Berikut ini beberapa kualitas yang mesti ada. Apa saja?

1. Komunikasi berjalan dengan efektif

Di antara kunci hubungan asmara bisa langgeng, adalah adanya komunikasi yang berjalan dengan efektif. Misalnya, kalian nggak segan untuk komplain mengenai sikap buruk pasangan, atau hal-hal yang membuatmu tersinggung.

Sikap berterus terang tersebut disebabkan komunikasi yang terjadi selama ini, membuat kalian nyaman. Ketika ada yang komplain, didengarkan. Saat ada yang keliru, bersedia mengakui dan meminta maaf. Dan pihak yang dirugikan pun tak merasa jemawa. Ini membuat kalian bisa bersikap terbuka.

2. Sikap saling menghormati

Ada banyak contoh sikap saling menghormati dalam hubungan. Misalnya, mendengarkan pasangan ketika berbicara. Menghormati waktu yang ia punya dengan selalu datang tepat waktu. Menghormati keluarga pasangan, dengan menghindari berkata hal-hal buruk mengenai keluarganya. Dan banyak contoh lain dari sikap saling menghormati.

3. Menyediakan waktu berkualitas

Kendati masing-masing sibuk dengan urusan sendiri-sendiri, tapi kalian selalu menyediakan waktu berkualitas bersama. Entah itu di rumah saja, atau ke luar. Misalnya, nonton bareng di rumah, pergi berwisata ke tempat menarik, dan berbagai aktivitas lainnya.

4. Miliki ruang untuk beraktivitas sendiri

Ciri hubungan yang sehat, adalah membebaskan, dan tidak mengekang. Ini pula yang terjadi di hubungan kalian. Kendati kalian banyak menghabiskan waktu berdua, tapi bukan berarti nggak pernah atau jarang melakukan aktivitas sendirian, atau hanya bersama teman masing-masing.

Berdua atau sendiri, kalian sama-sama nyaman. Meski sedang tidak bersama pasangan, kalian tetap terkoneksi. Misalnya, dengan sesekali memberi kabar. Dan nggak hanya itu. Kalian pun bisa saling percaya satu sama lain.

5. Tak sungkan mengekspresikan bahasa cinta

Kualitas lain yang juga mesti ada di hubungan yang sehat, adalah tak merasa sungkan untuk mengekspresikan bahasa cinta ke pasangan. Entah itu lewat sentuhan, kata-kata romantis, dan lainnya. Ini penting, lho, supaya pasangan bisa senantiasa merasa dicintai.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak