alexametrics

5 Ciri Teman Kamu Bukan Sosok yang Bisa Dipercaya, Simak Tanda-tandanya!

Latifah ..
5 Ciri Teman Kamu Bukan Sosok yang Bisa Dipercaya, Simak Tanda-tandanya!
Ilustrasi teman palsu (freepik)

Dalam hubungan pertemanan, pastilah ada berbagai karakter yang akan kamu temui. Ada sebagian yang kamu sreg, ada pula yang enggak.

Namun, kamu mesti waspada. Kendati kamu berteman baik, tapi bila ada tanda-tanda berikut ini, jangan menutup mata. Karena hal tersebut mencirikan bahwa teman kamu itu gak bisa dipercaya. Kenali tandanya!

1. Perkataan tidak sesuai dengan perilakunya

Hal pertama yang bisa jadi sinyal kuat kalau temanmu itu bukanlah sosok yang bisa dipercaya, yakni perkataannya tak sesuai dengan perilaku yang ia tunjukkan sehari-hari. Misalnya, dia sering mengampanyekan cintai bumi. Tapi, ia kedapatan beberapa kali buang sampah sembarangan. Itu artinya, antara ucapan dan aksi gak sinkron!

2. Gampang menuduh

Tanda lain yang gak bisa kamu abaikan, yakni sikapnya yang mudah sekali menuduh. Itu artinya, dia gampang berprasangka buruk pada orang lain. Dan prasangka buruk, cenderung mendorong pada perilaku-perilaku buruk lainnya. Misalnya, membicarakan aib temannya sendiri.

Padahal, seharusnya teman sebagai sosok yang dekat, bisa lebih berpikir secara objektif. Bukan asal tuduh.

3. Kurang memiliki empati

Orang yang minim empati, tindak-tanduknya gak benar-benar dipikirkan. Mau itu bakal menyakiti orang atau enggak, masa bodoh. Dan itu bukanlah kualitas yang baik untuk menjadikannya teman, apalagi teman dekat.

Teman sejati, sejatinya bisa lebih peka terhadapmu dibanding orang lain. Karena kalian sudah saling mengenal satu sama lain, makanya dia jadi bisa lebih memahami perasaan atau situasimu. Gak sembarangan bersikap, apalagi jika hal itu dapat menyinggung hatimu.

4. Suka keceplosan

Hati-hati dengan teman yang suka keceplosan. Sekalipun dia orang baik, tapi jangan percayakan rahasia kepadanya, bakal gampang bocor!

Orang yang suka keceplosan, kurang memiliki kontrol diri, sehingga mudah sekali membocorkan rahasia yang sudah dipercayakan kepadanya. Dan itu bisa berbahaya, apalagi bila rahasia itu menyangkut aibmu.

5. Suka plinplan

Orang yang plinplan, mudah sekali disetir orang lain. Gak memiliki prinsip, sehingga gampang dipengaruhi. Dan sikap seperti ini bisa jadi indikator bahwa dia bukanlah tipe yang bisa kamu percaya.

Itulah ciri-ciri teman kamu tidak bisa dipercaya. Catat tanda-tandanya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak