alexametrics

Sisi Positif dan Negatif Pacaran Bertahun-tahun, Bagaimana Menurutmu?

Latifah ..
Sisi Positif dan Negatif Pacaran Bertahun-tahun, Bagaimana Menurutmu?
Ilustrasi Pasangan Kekasih. (unsplash/@david27j)

Bukan hal mudah untuk bisa mempertahankan hubungan asmara sampai hitungan tahun lamanya. Berbagai masalah, pasti sudah kenyang kalian lewati bersama.

Meski hal tersebut patut diapresiasi, pacaran bertahun-tahun nggak hanya berisi sisi positif saja. Ada plus minus dari berpacaran sampai lama. Ini dia pembahasannya!

1. Kalian nggak merasa harus menjaga image

Saat awal pacaran, mungkin kalian masih malu-malu, sehingga berusaha selalu menampilkan sikap terbaik. Begitu pun soal penampilan. Setiap kali ingin bertemu, pasti berdandan yang paripurna.

Seiring hubungan kalian bertambah usia, keinginan untuk selalu tampil sempurna demi menjaga image, sudah mulai hilang perlahan. Kalian jadi bisa jadi diri sendiri, dengan berbagai kekurangan. Sudah sama-sama nyaman!

2. Jadi tahu kesehariannya

Berpacaran dalam jangka waktu yang tak sebentar, membuat kalian jadi sudah paham benar dengan keseharian masing-masing. Kalian jadi tahu sifat buruk satu sama lain.

Hal ini bisa berdampak positif, karena nantinya ketika sudah memutuskan menuju jenjang serius, kalian sudah nggak kaget lagi. Jadi, bisa lebih siap!

3. Rentan dilanda bosan

Di antara hal berbahaya yang mesti kamu waspadai ketika menjalin hubungan dalam jangka waktu yang lama, yakni ancaman kebosanan dalam hubungan. Rasa bosan ini, bisa punya efek beragam. Dia jadi malas diajak bertemu, frekuensi komunikasi jadi berkurang, mudah emosi, dan berbagai hal buruk lainnya, yang dapat memicu perpisahan.

Maka dari itu, kalau sudah berpacaran lama, kalian mesti tetap mempertahankan aktivitas-aktivitas romantis dan berbeda. Jangan terus melakukan hal yang sama setiap kali kencan. Bisa bosan!

4. Ada kekhawatiran mengenai masa depan

Hal ini bisa jadi sisi plus, tapi bisa juga minus. Sudah pacaran bertahun-tahun, tentu kamu akan berpikir mengenai masa depan. Sisi plusnya, jika kamu dan pasangan satu frekuensi, maka kalian jadi benar-benar serius mempersiapkan hal-hal penting menuju pelaminan dan kehidupan berumah tangga.

Sisi minusnya, bila ternyata kamu dan pasangan berbeda pandangan. Pasangan masih merasa nyaman dengan pacaran, tapi kamu merasa khawatir dengan arah hubungan. Masa iya, mau pacaran terus? Dan pembahasan mengenai masa depan ini, malah bisa menyebabkan hubungan kalian jadi berakhir, apabila tidak ada titik kompromi.

Dia tetap dengan pilihannya untuk santai dan pacaran saja, sementara kamu merasa sikapnya itu pertanda kalau dia tak menganggap serius hubungan kalian.

Nah, menurutmu, apalagi plus minus dari pacaran lama?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak