alexametrics

4 Cara Bijak Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tak Perlu Balas Dendam

Rizki Putra
4 Cara Bijak Menghadapi Orang yang Suka Menyindir, Tak Perlu Balas Dendam
Ilustrasi bullying (pexels/Keira Burton)

Hidup di tengah lingkungan sosial, pasti akan menghadapi orang dengan beragam karakter dan tingkah laku. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan ada perlakuan orang lain yang membuat perasaan kita jadi tersakiti, entah secara lisan maupun perbuatan.

Pasti berhadapan dengan orang seperti ini justru membuat emosi kita menjadi-jadi. Ada baiknya kita bisa mengendalikan perasaan yang ada dalam diri. Maka dari itu, simak 4 cara bijak menghadapi orang yang menyindir menyakiti perasaanmu.

1. Tegur secara tegas kalau kamu terganggu dengan sikapnya

Mungkin sebagian orang memilih untuk membiarkan atau memendam rasa sakit itu. Sebaiknya, jangan takut untuk bersikap tegas tentang apa yang kamu rasakan terhadap tingkah lakunya yang membuatmu terganggu.

Alhasil, membuatmu jauh lebih lega bisa mengungkapkannya, dan bisa saja dia tidak akan mengulangi tingkah lakunya tersebut. Selain itu, dia akan menjaga sikap kalau berhadapan denganmu, sehingga tidak lagi akan meremehkanmu.

2. Bisa memaafkannya ketika dia tulus meminta maaf padamu

Setiap orang memang tidak luput dari kesalahan selama hidupnya. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita memberikan maaf ketika orang lain telah meminta maaf dengan tulus kepadamu.

Alhasil, perasaanmu jadi lebih lega dan permasalahan pun bisa selesai pada saat itu juga. Kamu pun tidak ada perasaan sakit hati lagi tentang persoalan tersebut, dan juga tehadapnya.

3. Menghindar darinya jika kerap melakukan hal yang sama

Kalau sudah diberi teguran dan saling memaafkan, tapi dia mengulangi kesalahan yang sama terus-menerus, itu tanda dia adalah orang yang toxic. Maka dari itu, tidak masalah jika ingin menjauh darinya. Sebab, kamu juga memiliki perasaan dan energi yang perlu dijaga.

4. Hilangkan keinginan untuk melakukan balas dendam

Walau kenyataanya perlakuan dia telah membuat perasaan sakit hati yang mendalam, hilangkan keinginan untuk melakukan balas dendam terhadapnya. Sebab, jangan sampai kamu malah menjadi seperti dia. Jangan sampai nantinya malah kamu yang dibayangi oleh perasaan bersalah dari tindakan balas dendammu.

Berdasarkan ulasan di atas, harus bisa bersikap bijak dan tak perlu harus memperpanjang masalah. maka dari itu, jangan menambah-nambah beban hidup dengan hal yang kurang penting, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak