alexametrics

Bikin Pasangan Tak Nyaman, Ini 4 Tips Menghilangkan Insecure dalam Hubungan

Riva Khodijah
Bikin Pasangan Tak Nyaman, Ini 4 Tips Menghilangkan Insecure dalam Hubungan
Ilustrasi pasangan bertengkar. (freepik.com/prostooleh)

Insecure merupakan perasaan tak nyaman dengan diri sendiri, atau ketakutan terhadap sesuatu yang secara berlebihan. Insecure yang dialami seseorang, bisa mengancam hubungan asmara yang sedang dijalani.

Akibat dirimu merasa tak layak dicintai, atau rasa khawatir berlebihan bahwa pasangan akan pergi meninggalkanmu, seperti yang pernah terjadi, membuat pasangan saat ini malah gak nyaman. Itulah sebabnya, insecure perlu diatasi. Seperti dengan cara melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Menerima apa yang kamu alami

Penyangkalan gak akan baik. Karena dengan menyangkalnya, kamu jadi menghindari akar masalah yang sedang terjadi.

Dengan menerima, bahwa ada hal-hal yang membuat kamu merasa gak aman di hubungan, kamu jadi bisa melakukan tindakan untuk dapat menyelesaikannya. Dan itu normal kok. Setiap orang punya jalan cerita hidup masing-masing, sehingga wajar kalau ada sebagian yang mengalami insecure, ada lagi yang enggak.

2. Bicarakan dengan pasangan

Tentu pasangan akan kesal jika terus-menerus dicemburui tanpa alasan. Hal ini akan berbeda, kalau kamu bisa berterus terang padanya. Misalnya, kamu menjelaskan bahwa di masa lalu, kamu pernah mengalami trauma dikhianati. Sehingga, ketika menjalani hubungan yang sekarang, ada perasaan was-was yang sulit kamu kendalikan.

Dengan menjelaskannya, pasangan jadi tahu duduk perkara sebenarnya. Dan bersama-sama, ia bisa mendukungmu supaya pelan-pelan bisa menghilangkan trauma itu, dan mulai membangun rasa percaya lagi.

3. Lakukan afirmasi positif

Langkah lainnya yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi insecure, yakni dengan melakukan afirmasi positif. Selalu yakinkan dirimu tiap hari, kalau kamu berhak mendapat hubungan yang bahagia. Kamu berhak memiliki pasangan yang juga mencintaimu, seperti kamu mencintainya.

Jika ini diucapkan terus-menerus, lama-kelamaan bisa menggeser keyakinan diri negatif yang selama ini ada di alam bawah sadarmu. Dengan begitu, kamu jadi lebih terbiasa melihat sesuatu yang positif, dan itu akan berdampak baik bagi hubungan.

4. Meningkatkan kualitas diri

Insecure bisa juga terjadi akibat rasa minder. Coba gali lebih dalam, hal apa yang bikin kamu minder. Misalnya, kamu merasa gak layak mendapatkannya, karena dia good looking, serta berwawasan tinggi.

Daripada minder doang, mending tingkatkan kualitas dirimu. Misalnya, dengan merawat diri, serta menambah pengetahuan. Selain kamu jadi bisa mengimbangi pasangan, kamu sendiri pun punya kepuasan tersendiri karena sudah berhasil mengatasi rasa mindermu itu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak