alexametrics

5 Tanda Pekerjaan Sudah Bikin Kamu Stres, Jangan Terus Dibiarkan!

Riva Khodijah
5 Tanda Pekerjaan Sudah Bikin Kamu Stres, Jangan Terus Dibiarkan!
Ilustrasi stres (pexels/Karolina Grabowska).

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Salah satu sumber stres yakni pekerjaan. Berikut ini akan dibahas apa saja tanda-tanda kalau pekerjaan kamu sudah membuat stres. Simak!

1. Mengabaikan kesehatan tubuh

Banyaknya beban pekerjaan, membuatmu jadi sering begadang, makan sembarangan, jarang gerak, dan berbagai gaya hidup berbahaya lainnya. Dan itu pun berdampak pada tubuhmu. Sudah kurang fit lagi seperti dulu.

2. Kesehatan mental jadi terganggu

Tanda lain kalau kamu sudah sangat tertekan dengan pekerjaan, adalah kesehatan mentalmu jadi terganggu. Kamu jadi gak bersemangat kerja, mudah lelah, gampang marah, bahkan depresi.

Baik kesehatan fisik maupun mental, mesti dijaga. Karena kedua hal tersebut adalah modal berharga yang membuat kamu bisa beraktivitas normal.

Kondisi mental yang kurang fit, gak hanya bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga kamu jadi gampang sakit. Dari segi profesi, juga berdampak buruk, karena bisa mengurangi produktivitas.

3. Pekerjaan tak memberi perasaan apa pun

Ciri lain kalau kamu sudah mengalami stres di kantor, yakni pekerjaan jadi dianggap cuma sebagai sumber gaji semata. Sama sekali gak ada makna lebih dari itu. Mengerjakannya pun tak ada gairah. Ini bisa terjadi, karena sebenarnya kamu sudah lelah, baik fisik maupun mental, tapi tetap diforsir.

4. Merasa apa yang kamu kerjakan kurang baik

Meski kamu sudah berusaha yang terbaik, tetap saja ada perasaan kamu belum berusaha maksimal. Setiap pekerjaan yang dilakukan, selalu ada perasaan gak puas. Ini malah bikin stres kamu menjadi-jadi.

5. Sering merasa kesepian

Karena kesibukan di tempat kerja begitu menyita waktu, kamu jadi jarang bersosialisasi. Tiap kali ada acara kumpul-kumpul keluarga, kamu berhalangan hadir. Tak pelak, kemudian timbul kesepian. Kok, rasanya hidupmu gak jauh-jauh dari kantor aja, ya.

Stres yang dibiarkan berlarut-larut, bisa merusak fisik dan mental. Sebaiknya, bila kamu merasa kurang mendapat istirahat, coba bicarakan pada atasan agar beban kerjamu bisa dikurangi.

Namun, bila perusahaan memang tak mengindahkan kondisi karyawannya, cobalah tetap bekerja sambil cari-cari tempat baru yang beban kerjanya lebih bersahabat.

Itulah ciri pekerjaan sudah bikin kamu stres. Jangan biarkan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak