alexametrics

Ingin Hidup Lebih Bahagia? Ikuti 4 Cara Mengurangi Kebiasaan Mengeluh

Riva Khodijah
Ingin Hidup Lebih Bahagia? Ikuti 4 Cara Mengurangi Kebiasaan Mengeluh
Ilustrasi wanita tersenyum. (pexels.com/Sound On)

Secara sadar atau tidak, pasti kamu pernah mengeluh. Bahkan bisa jadi, tiap hari ada saja yang dikeluhkan. Lalu lintas macet, gaji nggak naik-naik, sementara kebutuhan terus meningkat, dan banyak hal lain yang membuatmu nggak nyaman.

Sayangnya, kebiasaan mengeluh ini bisa jadi penghambat bahagia. Selalu mengeluh, membuatmu sulit untuk melihat sisi positif dari suatu keadaan. Yang dilihat, senantiasa sisi buruknya.

Mengeluh memang manusiawi. Tapi, agar tak sampai berdampak negatif, sebaiknya mulai dikurangi. Dan berikut ini, beberapa cara yang dapat kamu lakukan supaya kamu nggak terbiasa mengeluh.

1. Tanyakan kepada dirimu, apakah hal yang ingin kamu keluhkan itu sangatlah penting

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan mengeluh, yakni dengan menanyakan ke diri sendiri, apakah yang akan kamu keluhkan itu sangatlah berarti? Karena, umumnya yang kita keluhkan itu nggak penting-penting amat. Tapi, karena kamu menuntut hidup berjalan sempurna, makanya, ada hal kurang nyaman sedikit, sudah bikin kamu kesal.

2. Kenali lebih jauh permasalahannya

Saat kamu hendak mengeluh, coba gali lebih dalam lagi letak permasalahan sebenarnya. Misalnya, kamu mengeluh kondisi macet. Padahal, kemacetan itu selalu kamu temui setiap hari. Kenapa, hari ini, kok, rasanya jadi seperti berat sekali?

Nah, bisa jadi, bukan macetnya yang sebenarnya kamu keluhkan. Tapi, bisa jadi karena badanmu sebenarnya sedang lelah, sehingga ketika bertemu kondisi tak ideal, membuatmu langsung merasa tersulut. Berarti, kamu perlu seimbangkan lagi waktu kerja dan istirahatmu.

3. Tutup dengan hal positif

Agar keluhanmu bermanfaat, jagnan cuma sampai tahapan mengeluh saja. Tapi, cari juga solusinya. Misalnya, kamu mengeluh macet. Pasti sebal, dong, kalau tiap hari harus seperti itu?

Nah, bila kamu nggak mau lagi mengalami macet, maka, esok hari harus datang lebih pagi. Jadi, keluhanmu nggak sia-sia. Ada solusi positif di baliknya.

4. Perbanyak kebiasaan bersyukur

Dengan melatih diri untuk perbanyak syukur, mau tak mau, kamu dipaksa untuk melihat sisi positif. Meskipun, situasi yang sedang kamu hadapi, negatif.

Bila kamu konsisten melakukannya, maka perlahan tapi pasti, kebiasaan mengeluhmu pasti akan berkurang. Kamu bakal jadi pribadi yang positif! Dan orang-orang suka, lho, dengan kepribadian positif, karena bisa menularkan aura baik!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak