alexametrics

4 Alasan Seseorang Masih Tetap Pilih Melajang Meski Usia Sudah Matang

Riva Khodijah
4 Alasan Seseorang Masih Tetap Pilih Melajang Meski Usia Sudah Matang
Ilustrasi pria berjas. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Usia yang matang, belum tentu jaminan bahwa seseorang pasti sudah berdua. Bisa saja, ada yang masih betah dengan status lajang yang disandangnya.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang yang sudah berusia matang dan siap menikah, masih betah sendiri. Ingin tahu? Simak pembahasannya sampai habis, ya!

1. Ingin membangun karier

Hal pertama yang kerap jadi alasan kenapa seseorang masih betah melajang, padahal sudah cukup pantas untuk berpasangan, yakni alasan karier. Tak bisa dimungkiri, membangun karier, baik itu di dunia profesional, maupun di dunia bisnis, butuh waktu dan energi.

Dan ketika kamu sudah berkeluarga, mau tak mau harus membagi waktu. Dan nggak semua orang bisa melakukan ini. Makanya, kamu jadi lebih memilih lajang dulu saja, sampai impian di dunia kariermu sudah tercapai, baru memilih untuk berkeluarga. Sehingga, keluargamu nanti nggak merasa diabaikan.

2. Masih ingin bebas

Kendati ada banyak hal positif dengan menjalin hubungan, tapi bagaimanapun, saat sudah berkomitmen dengan seseorang, nggak bisa lagi bebas seperti saat lajang. Saat akan memutuskan sesuatu, kamu harus mempertimbangkan pasangan.

Misalnya, ketika kamu hendak jalan-jalan. Saat sudah menikah, kamu nggak bisa bebas begitu saja memutuskan. Apalagi kalau dalam jangka waktu lama. Ada keluarga, yang menjadi tanggung jawabmu. Dan alasan inilah, kenapa kamu lebih memilih sendiri dulu.

3. Merasa belum siap

Walaupun dari segi finansial telah siap, tak berarti seseorang bakal siap pula untuk menikah. Karena untuk mencapai pernikahan yang bahagia, nggak hanya dibutuhkan kesiapan dari segi keuangan saja, tapi masih banyak hal lain, terutama mental dan kondisi emosional.

Ini pula yang jadi alasan kenapa kamu masih betah melajang. Ingin mempersiapkan diri dulu, supaya nantinya ketika menghadapi berbagai konflik rumah tangga, sudah cukup dewasa dalam menyikapinya.

4. Belum menemukan yang sesuai

Hal lain yang bikin kamu hingga kini masih sendiri, karena memang belum menemukan pasangan yang sesuai. Bagimu, lebih baik menunda terlebih dahulu, daripada asal pilih, yang kemudian berujung penyesalan di kemudian hari.

Nah, dari beberapa alasan di atas, mana yang menjadi sebab kenapa kamu sampai kini memilih untuk berstatus lajang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak