alexametrics

4 Ciri Kamu Berada dalam Codependent Relationship, Hubungan yang Tak Sehat!

Riva Khodijah
4 Ciri Kamu Berada dalam Codependent Relationship, Hubungan yang Tak Sehat!
Ilustrasi pasangan. (pexels.com/cottonbro)

Dalam hubungan, memang mesti ada pengorbanan. Akan tetapi, kalau cuma salah satu pihak saja, sampai menyebabkan hubungan tersebut jadi tak berimbang, berarti ada yang keliru, dan itulah yang dinamakan codependent relationship.

Ada beberapa tanda kalau kamu berada dalam hubungan kodependen. Sebaiknya kenali tandanya, supaya kamu sadar, bahwa hubungan seperti itu nggak sehat. Yuk, simak!

1. Pasangan memiliki kecanduan

Memang sulit menjalin hubungan yang sehat dengan orang yang punya masalah kecanduan. Apakah itu kecanduan minuman keras, obat-obatan terlarang, judi, atau berbagai kecanduan lainnya.

Orang yang kecanduan, tak bisa mengontrol dirinya. Ini menyebabkan, kamu jadi harus terus mengurusnya, karena dia tak bisa mengurus dirinya sendiri. Dan ini sangat melelahkan.

2. Kamu sering mendapat komentar “terlalu baik untuknya”

Orang-orang yang bisa melihat langsung bagaimana hubunganmu selama ini dengan pasangan, pasti dapat mengira ketika ada hal yang nggak beres. Melihat kamu yang selalu berkorban untuknya, menyebabkan mereka sering berkomentar kalau dia tak layak untukmu, karena kamu terlalu baik untuknya.

Meski pernyataan tersebut mungkin dilontarkan dengan santai, tapi cobalah untuk mengevaluasi kembali hubunganmu. Apakah selama ini, dia menunjukkan usaha yang sama untuk membuat hubungan kalian berjalan? Kalau enggak, artinya kamu sudah berada di hubungan kodependen.

3. Kamu selalu memaafkannya

Tanda lain kalau hubunganmu tak berimbang, yakni dia bebas melakukan apa pun yang disuka, meski jelas-jelas menyakitimu. Dan tiap kali selesai melakukan itu, selalu meminta maaf dan mengaku nggak mau melakukannya lagi. Tapi, hal itu terjadi berulang kali. Dan kamu pun selalu memaafkannya.

Memberi kesempatan seseorang untuk berubah memang baik, tapi kamu pun perlu bersikap tegas. Kalau kamu sudah diberi kesempatan berkali-kali, tapi dia tak berubah juga, berarti memang nggak ada niatan untuk mengubah diri.

4. Kamu bertanggung jawab terhadap kebahagiaannya

Ketika ada hal berjalan tak sesuai keinginannya, kamu yang disalahkan. Seolah-olah, kamu jadi penanggung jawab terhadap kebahagiaan hidupnya. Itu sudah nggak sehat, lho!

Dari uraian tadi, apakah kamu mengalaminya? Mana tanda yang sering terjadi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak