alexametrics

Penyebab dan Cara Mengatasi Bruntusan pada Wajah

Desyta Rina Marta Guritno
Penyebab dan Cara Mengatasi Bruntusan pada Wajah
Ilustrasi Wajah Bruntusan. (Pixabay// Kjerstin Michaela Noomi)

Apa Anda pernah mengalami masalah bruntusan pada kulit wajah? Bintik-bintik kecil berwarna merah tersebut adalah bentuk lain dari jerawat, bentuknya menonjol seperti jerawat namun berukuran kecil dan biasanya berjumlah banyak dengan letak yang berdekatan.

Bintik-bintik itu dapat berisi cairan bening ataupun nanah. Timbulnya bruntusan dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Biasanya kita menemukan bruntusan ini bukan hanya di bagian wajah, bruntusan bisa muncul di semua bagian tubuh karena disebabkan oleh biang keringat. Pada umumnya yang kerap kali mengalami bruntusan ini adalah anak remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga bisa mengalami bruntusan pada wajahnya.

Mengutip dari laman Hellosehat, bruntusan yang muncu pada kulit wajah dapat disebabkan oleh perubahan hormon, produksi keringat berlebih, produk skincare yang tidak cocok untuk kulit, tidak menjaga kebersihan kulit wajah, atau stress.

Untuk menghilangkan bruntusan pada wajah ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Kebersihan wajah adalah cara yang paling penting untuk menjaga wajah dari masalah termasuk bruntusan, setidaknya wajah harus dibersihkan sebanyak 2 kali sehari.

Anda bisa menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit dan apabila Anda adalah pengguna make up, jangan lupa untuk memastikan make up Anda terhapus seluruhnya, untuk itu Anda bisa menggunakan micellar water.

2. Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan, karena bisa saja tangan kita mengandung banyak kuman yang bisa menyebabkan masalah wajah.

3. Jangan memencet atau menggaruk bruntusan

Memang kita seringkali merasa gemas dengan bruntusan yang ada di wajah, namun bukan berarti Anda bisa sembarangan menyentuh, memencet, atau bahkan menggaruk bruntusan tersebut. Hal itu malah bisa memicu bruntusan menjadi semakin parah, banyak, dan meninggalkan bekas pada kulit.

4. Hindari begadang

Pola tidur yang baik tentu juga akan membuat tubuh serta kulit menjadi sehat.

5.  Makan makanan bergizi

Makanlah makanan yang mengandung banyak gizi dan vitamin, serta minum air putih yang cukup. Agar kulit Anda terhindar dari berbagai macam masalah.

Itulah penyebab dan cara mengatasi bruntusan pada kulit, lakukan hal-hal sederhana tersebut untuk membuat kulit lebih sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak