alexametrics

Bisa Merusak Mental, Kenali 4 Jenis Orang Toksik yang Sering Ditemui!

Latifah ..
Bisa Merusak Mental, Kenali 4 Jenis Orang Toksik yang Sering Ditemui!
Ilustrasi gosip. (freepik.com/katemangostar)

Dari istilahnya saja, kamu tahu bahwa orang yang toksik atau beracun, bukanlah tipe yang layak berada dekat-dekat di sekitarmu. Karena kehadirannya dalam hidupmu bukannya membawa manfaat, malah memberimu dampak buruk.

Orang yang toksik, memiliki pola pikir serta tindakan yang negatif. Dan hal tersebut bisa merusak kondisi mental. Karena nggak hanya membuatmu tertekan, bergaul dengan mereka juga bisa meruntuhkan kepercayaan diri yang kamu miliki.

Supaya kamu bisa menjaga jarak dari orang-orang yang toksik, kenali beberapa jenis orang tipe beracun yang mesti kamu hindari. Simak pembahasannya!

1. Tukang gosip

Jenis orang toksik pertama yang paling sering kita temui sehari-hari, adalah tukang gosip. Hati-hati dengan mereka yang suka sekali membicarakan keburukan orang lain. Apalagi, sampai membongkar aib yang sudah temannya percayakan padanya. Karena hal itu menandakan mereka bukanlah orang yang bisa dipercaya.

Bila kamu dekat-dekat dengannya, bahkan sampai berbagi rahasia. Bukan tak mungkin, di kemudian hari, kamu yang bakal jadi korban gosipnya.

Selain itu, dikelilingi dengan tukang gosip juga hanya membuang-buang waktu dan energimu saja. Jadi, sebaiknya jaga jarak dengan tipe orang seperti ini.

2. Tukang marah-marah

Orang toksik lainnya yang dapat membuat mentalmu lelah, yakni mereka yang senang sekali marah-marah. Tiap hal yang berjalan nggak sesuai keinginannya, sudah bisa bikin murka, kendati itu perkara sepele.

Bergaul dengan tipe orang yang suka marah-marah, bisa membuatmu jadi nggak tenang. Selalu waswas apakah apa yang kamu katakan atau lakukan akan memancing emosinya.

3. Hobi playing victim

Di antara ciri toxic people, adalah nggak mau mengakui kesalahan. Senang sekali bertindak sebagai korban, meskipun sudah jelas dia pelakunya. nggak hanya bikin kamu kesal, kamu pun jadi sering disudutkan demi mencari kambing hitam.

4. Senang menjatuhkan

Orang yang tulus berteman denganmu, pasti akan bahagia saat melihatmu senang. Bukannya malah iri atau dengki. Tapi, inilah yang terjadi pada orang yang toksik.

Mereka nggak senang ketika kamu bahagia. Dan bahagia ketika kamu menderita. Untuk membuatnya merasa lebih baik, cara yang sering dilakukan adalah dengan menjatuhkanmu, misalnya dengan sering meremehkan pencapaianmu. Perilaku seperti ini sangatlah bahaya, karena bisa membuatmu jadi rendah diri, lho!

Mana dari tipe orang toksik tadi yang sering kamu temui?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak