alexametrics

Anti Ribet! Kamu Cuma Butuh 4 Hal Sederhana Ini untuk Bahagia

Riva Khodijah
Anti Ribet! Kamu Cuma Butuh 4 Hal Sederhana Ini untuk Bahagia
Ilustrasi wanita mendengarkan musik. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk menjadi bahagia nggak mesti, lho, harus menunggu punya pasangan dulu. Atau, harus kaya raya dulu. Justru kebahagiaan hakiki bersumber dari dalam diri sendiri.

Tanpa ribet, ada beberapa hal sederhana yang sebenarnya sudah cukup bisa membuatmu bahagia. Berikut ini ulasannya!

1. Membahagiakan diri sendiri

Ngaku, deh, saat kamu punya pasangan, pasti selalu ingin membahagiakannya, kan? Nah, kenapa enggak hal tersebut kamu lakukan untuk diri sendiri. Karena kalau bukan kamu yang berusaha membahagiakan dirimu sendiri, siapa lagi?

Ada banyak cara untuk membahagiakan diri sendiri, dan nggak mesti mengeluarkan uang banyak, kok. Misalnya saja, dengan memberimu waktu istirahat yang cukup untuk menenangkan diri, itu sudah bentuk self-reward yang patut kamu syukuri.

2. Hilangkan rasa dendam

Saat kamu menyimpan dendam, sama halnya menyimpan racun dalam diri sendiri. Dan itu akan berdampak buruk bagi kebahagiaanmu.

Cobalah untuk menutup buku dari kejadian masa lalu, dan fokus pada saat sekarang. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa menikmati hidup tanpa ada beban rasa dendam.

3. Lakukan apa yang kamu sukai, dan sukai apa yang kamu lakukan

Beruntunglah kalau kamu termasuk orang yang sudah tahu apa yang kamu inginkan. Kejar itu, dan lakukan hal yang kamu mau. nggak perlu pedulikan kata orang sekitar. Selama apa yang kamu lakukan itu baik dan nggak melanggar aturan, maka lakukan saja! Hidupmu jadi jauh dari penyesalan.

Namun, ada sebagian lagi yang mesti melakukan hal-hal yang sebenarnya nggak disukai. Misalnya, karena kondisi, mengharuskan ia menerima pekerjaan yang bukan jadi impiannya. Nah, supaya hal itu nggak jadi beban hidup, cobalah untuk melihat sisi positif dari apa yang kamu lakukan saat ini. Sehingga, kamu jadi mulai menyukainya.

4. Memelihara sifat ikhlas

Dalam hidup, ada banyak hal yang nggak bisa terjadi sesuai dengan apa yang kita mau. Kalau kamu sudah memelihara sifat ikhlas, niscaya hidup bisa dijalani dengan lebih bebas. Karena ketika kamu menghadapi kegagalan atau melakukan kekeliruan, kamu lebih bisa menerimanya dengan hati lapang, atau lebih mudah memaafkan diri sendiri.

Nah, dari uraian tadi, sekarang sadar, ya, kalau untuk bahagia itu hanya perlu hal sederhana, kan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak