alexametrics

Ini 4 Benefit Membuat To Do List, Solusi untuk Kamu yang Pelupa!

Rizky Melinda Sari
Ini 4 Benefit Membuat To Do List, Solusi untuk Kamu yang Pelupa!
Ilustrasi Catatan untuk Orang Pelupa. (pexels.com)

Harimu terasa abstrak dan tidak teratur? Terlalu berantakan, bingung harus melakukan hal apa terlebih dahulu?

Saat waktu senggang, terkadang kita bingung harus melakukan kegiatan apa, tetapi saat sedang sibuk-sibuknya, ada saja hal-hal terlintas tentang kegiatan yang ingin kita lakukan, sayangnya saat itu kita sedang sibuk. Tidak bisa dipungkiri, kejadian semacam ini sedikit menjengkelkan.

Tenang, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat to do list. Berikut manfaat membuat to do list!

1. Kegiatan lebih terarah

Membuat to do list di malam hari atau pagi hari sebelum memulai aktivitas akan membuat kita mempunyai tujuan serta arah mengenai hal yang harus kita lakukan. Hal ini akan membantu kita saat bingung harus melakukan kegiatan apa lagi. Kegiatan akan menjadi lebih terarah serta tidak amburadul yang ujung-ujungnya akan membuat badmood. 

2. Manajemen waktu

Salah satu hal terberat bagi kaum milenial sekarang adalah mengenai manajemen waktu. Sebagian orang merasa mengatur atau memanajemen waktu adalah sebuah kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan. Padahal, dengan membuat to do list, kita bisa sekalian mengatur serta memanajemen waktu sehingga waktu 24 jam dalam sehari tidak terasa kurang dan semua kegiatan dapat terlaksana.

3. Melatih disiplin

Sudah susah-susah membuat daftar catatan, jika tidak dikerjakan sesuai dengan apa yang kita tulis terdengar sia-sia, bukan? Salah satu cara untuk melatih kedisiplinan diri adalah dengan menepati janji terhadap diri sendiri, dengan mengikuti serta taat pada aturan yang sudah kita buat sendiri. Seperti slogan, dari diri sendiri, oleh diri sendiri, dan untuk diri sendiri. Manfaat yang dirasakan akan berdampak pada diri kita, bukan pada orang lain. Jadi, tepatilah janji pada diri sendiri.

4. Solusi untuk pelupa

Terkadang, orang-orang sudah berniat akan melakukan sesuatu seperti misalnya mencuci baju, mengirim pesan kepada seseorang yang penting, atau sekadar hal remeh seperti akan membeli makanan tertentu. Namun, hari sudah terlalu malam atau waktunya tidak tepat. Sering kali kita lupa pada hal-hal tersebut keesokan harinya, dan baru ingat kembali ketika malam. Hal ini tidak akan terjadi jika kita rajin membuat to do list.

Banyak sekali manfaat dari membuat to do list. Buatlah masa percobaan, misalnya 3 hari diisi dengan hal-hal yang sudah dituliskan pada to do list yang sudah dibuat hari sebelumnya, dan rasakan perbedaan serta manfaatnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak