alexametrics

Jangan Ditunda-tunda, Simak 4 Tips Ini agar Tugas Kamu Cepat Selesai!

Rizky Melinda Sari
Jangan Ditunda-tunda, Simak 4 Tips Ini agar Tugas Kamu Cepat Selesai!
Ilustrasi Mengerjakan Tugas (pexels)

Masalah terbesar bagi seorang pelajar dan mahasiswa adalah tugas yang menumpuk. Seakan belum cukup membebani, rasa malas serta semangat yang tiba-tiba menurun turut berperan membuat tugas menjadi terbengkalai dan tidak terselesaikan.

Tantangan terbesar sebenarnya berasal dari diri sendiri. 4 Tips berikut mungkin bisa membantumu untuk membenahi diri agar termotivasi serta semangat dalam mengerjakan tugas!

1. Kenali alasan

Salah satu penyebab tugas menumpuk sampai membuat kita tidak mood untuk sekadar melirik saja adalah  kita terlalu banyak membuat alasan menunda mengerjakannya.

Misalnya saja, faktor waktu pengumpulan yang masih lama, tugas yang belum dipahami teknisnya, bingung memulai dari mana, terlalu sibuk dengan pekerjaan lain, terlalu malas, dan alasan-alasan lain.

Penting untuk mengenali alasan kenapa kita menunda tugas agar kita bisa mencari solusinya. Waktu pengumpulan yang masih lama tidak bisa dijadikan alasan untuk mengerjakan nanti-nanti saja. Sebab, tugas baru sudah pasti akan datang kembali. Begitu pula alasan tidak paham apa yang harus dikerjakan, kamu bisa bertanya pada teman atau guru langsung daripada hanya diam menunggu.

2. Ingat motivasi

Motivasi memegang peranan yang sangat besar bagi seseorang untuk bergerak dan melakukan sesuatu. Seperti misalnya ketika lapar, kita akan mencari makanan. Tedengar sepele memang, tetapi rasa lapar tanpa disadari juga merupakan salah satu motivasi untuk kita bergerak. 

Ingat motivasi awalmu ketika memasuki sekolah atau kuliah. Salah satunya pasti ingin membahagiakan orang-orang tersayang, meng-upgrade diri agar memiliki pengetahuan, serta motivasi lainnya. Ingat motivasi itu, dan jadikan alat atau penggerak seperti ketika kita lapar.

3. Akibat dari menunda

Pikirkan akibat yang timbul jika kita terus-terusan menunda. Apa akibatnya? Stres. Kita akan merasa stres karena tugas yang ada saja belum dikerjakan, sudah mucul lagi tugas baru yang bisa jadi lebih sulit serta lebih rumit dari sebelumnya.

Kemungkinan terburuk, tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan tugas baru tersebut bersamaan atau lebih cepat dari tugas pertama yang diberikan. 

Pikirkan dampak ke depannya, jangan hanya bersantai saat ini tetapi pusing dan stres beberapa hari ke depan.

4. Lakukan aksi

Sudah memikirkan ketiga hal di atas, sekarang saatnya untuk melakukan aksi. Meskipun kita telah memikirkan serta menyetujui ketiga poin di atas, jika kita tidak bergerak, semua akan sia-sia.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah bergerak. Kerjakan. Jika tidak paham, tanya. Jika bingung memulai dari mana, jangan menjadikan alasan instruksi yang diberikan kurang jelas, cobalah berusaha untuk mencari tahu. 

Tugas yang selesai sebelum waktunya akan memberi dampak bagi diri kita sendiri, semacam perasaan lega karena telah berhasil. Bukan orang lain yang menikmati hasilnya.

Itulah 4 tips yang pastinya bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa. Jadi, masih mau menunda-nunda pekerjaan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak