alexametrics

4 Cara Menegur Pacar yang Melakukan Kesalahan, Jangan Buat Dia Tersinggung!

Keza Felice
4 Cara Menegur Pacar yang Melakukan Kesalahan, Jangan Buat Dia Tersinggung!
Ilustrasi Menegur Pacar. (Pixabay)

Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan, termasuk kekasihmu. Meskipun dia bersalah, tetapi terkadang kamu merasa sungkan dan tidak enak hati untuk mengingatkannya. Oleh karena itulah kamu membutuhkan sejumlah cara yang tepat agat pacarmu tidak tersinggung ketika kamu memberikan teguran.

Kadang kala seseorang akan sulit menyadari kesalahannya bila tidak ada orang lain yang mengingatkan. Agar pacarmu tidak mengulangi kesalahan yang sama, ada baiknya bila kamu berani menegurnya.

Tetapi perlu diingat agar kamu tetap berbicara dengan suara yang lemah lembut dan tidak menggurui. Nah, berikut adalah beberapa cara yang paling sederhana dan mudah diterapkan untuk menegur pacar yang melakukan kesalahan.

1. Jangan menegurnya langsung di depan umum

Meskipun kekasihmu melakukan kesalahan fatal, jangan pernah mencoba untuk memberikan teguran di tempat umum. Apalagi bila kamu bersikap seakan-akan dia telah mempermalukanmu.

Hal semacam ini akan membuat kekasihmu merasa tidak nyaman dan dia bisa menjadi malu walupun kalian tidak mengenal orang-orang di sekitar. Cara yang kurang tepat justru akan membuat dia tersinggung dan sakit hati. Sehingga bisa dipastikan bahwa dia tidak akan mendengar masukanmu.

2. Nasihatilah dengan hati-hati

Sebaiknya kamu selalu berhati-hati ketika hendak menasihati kekasihmu. Apalagi bila dia merupakan seseorang yang tipikalnya sensitif atau mudah tersinggung. Untuk memulai pembicaraan, kamu bisa mengajaknya mencari tempat yang nyaman.

Kemudian, perlahan-lahan nasihatilah dia dengan suara yang lembut dan penuh pengertian. Katakan padanya agar tidak mengulangi kesalahannya lagi agar kalian bisa sama-sama merasa nyaman dan aman.

3. Awali pembicaraan dengan meminta Maaf

Agar kekasihmu tidak tersinggung, cobalah untuk mengawali pembicaraan dengan meminta maaf. Hal ini akan membuat dia merasa dihargai. Setelah itu, pelan-pelan kamu bisa memulai obrolan dengan mengingatkan dia kalau sebelumnya dia telah melakukan kekeliruan.

Dengan cara ini, semoga dia bisa menyadari kesalahan yang telah diperbuat dan berniat untuk memperbaikinya. Kamu yang bersikap sopan juga akan membuat perasaanya tetap tenang sehingga dia tidak akan membantah perkataan yang kamu lontarkan.

4. Menunjukkan bahasa tubuh yang menunjukkan kepedulian

Tanpa disadari, niat menegur pacar yang melakukan kesalahan terkadang menjadi beban tersendiri bagimu. Hal ini lantaran kamu merasa tak enak hati dan khawatir akan dianggap paling benar olehnya. Tetapi, tak ada salahnya bila kamu memberikan dorongan kepadanya agar tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Termasuk cara untuk menasihatinya yakni dengan menunjukkan rasa simpati dan kepedulianmu melalui bahasa tubuh. Sambil memberi nasihat, kamu bisa menatap matanya dengan tatapan yang teduh, pegang tangannya, dan usap punggung tangannya dengan tulus. Dengan begitulah mungkin dia akan merasa nyaman dan tenang, sehingga hatinya akan mudah luluh dan cepat menyadari kesalahannya.

Apabila kamu sudah berusaha untuk menegur dan menasihatinya dengan berbagai cara yang baik, tetapi dia masih saja merasa tersinggung, maka berilah dia waktu sejenak untuk berpikir dan merenung sendirian. Dengan begitu, siapa tahu dia akan menerima nasihatmu dan berusaha untuk memperbaiki diri. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak