alexametrics

Profil Voice of Baceprot, Band Metal Berisi 3 Hijaber Gelar Tur di Eropa

Lintang Larissya
Profil Voice of Baceprot, Band Metal Berisi 3 Hijaber Gelar Tur di Eropa
Voice of Baceprot (instagram).

Grup band metal asal Garut, Indonesia, bernama Voice of Baceprot (VoB) yang kini tengah disorot karena prestasinya di kancah internasional.

Sebelumnya, melalui media sosial resmi mereka mengumumkan jadwal tur yang diselenggarakan di 8 kota pada 4 negara Eropa. Negara tersebut antara lain Belanda, Belgia, Prancis, dan Swiss.

Tur bertajuk Fight Dream Believe: European Tour 2021 akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Dari Garut ke Eropa, berikut jadwal tur VoB di Eropa.

Pada 28 November 2021 mendatang, VoB akan memulai tur di Belanda pada 3 kota yakni Harleem, Numegen, dan Gronigen. Tur akan diselenggarakan 3 hari mulai dari 28 November sampai 1 Desember 2021.

Pemberhentian negara selanjutnya adalah Belgia pada 2 Desember, mereka bakal manggung di ibu kota negara, Brussels. Pada 8 Desember, VoB akan kembali ke Belgia untuk tampil di Kota Arlon.

Selanjutnya pada 4 Desember, 3 siswi ini akan tampil di negara Prancis tepatnya di Kota Rennes serta Montbeliard pada 9 Desember.

Tur Eropa ditutup pada kota terakhir yaitu Jenewa, ibu kota Swiss pada 10 Desember 2021 mendatang.

Sejarah Terbentuknya Band

Berawal dari teman satu sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Baqiyatussolihat Singajaya, pada 2014 tiga siswi ini berhasil membentuk sebuah band metal yang mampu membanggakan negara Indonesia. Dikutip dari Kompas TV, Meskipun awalnya mereka bertemu di ekskul teater dan drama musikal kini mereka memutuskan untuk menggeluti musik metal.

VoB digawangi oleh tiga orang siswa, yaitu Firdda Kurnia sebagai gitaris dan vokalis, Widi Rahmawati sebagai bassis, dan Euis Siti Aisyah sebagai drummer.

Baceprot berarti banyak bicara, bawel, atau berisik. Kata asal Sunda ini diambil lantaran lagu-lagu dari trio metal tersebut yang terkesan "berisik". Selain karena bergenre metal, hal ini juga dibuktikan dengan lagu mereka yang penuh kritik untuk menyuarakan isu sosial.

Melawan Stereotip Band Metal

Tampak cukup berbeda dari band metal pada umumnya yang kerap menggunakan baju-baju sangar dan didominasi anggota band laki-laki, VoB terlihat berbeda, terlebih banyak pandangan masyarakat yang awalnya memanang sebelah mata karena melihat band wanita berhijab yang memainkan genre musik metal bahkan sambil berteriak-teriak. Meskipun begitu, ketiga anggota tidak akan menghentikan mimpi mereka.

"Saya pikir kesetaraan gender harus didukung. Karena saya merasa masih menggali kreativitas sekaligus tidak mengurangi kewajiban saya sebagai seorang wanita muslimah," Ujar Firdda Kurnia dikutip dari reuters, 4 November 2021.

Awal Debut dan Diskografi

Nama VoB berawal dikenal sejak menampilkan cover lagu milik Rage Against The Machine pada 2015 di kanal YouTube. Kemudian pada 2018, VoB merilis debut single self-written bertajuk "School Revolution".

Hal ini meningkatkan reputasi mereka lebih jauh dan menjadi pusat perhatian media global terkemuka termasuk The New York Times, NPR, BBC, DW, dan The Guardian. Kemudian VoB dilirik oleh agensi Amity Asia dan menandatangani kontrak dan menerima banyak undangan untuk tampil di festival serta acara terkenal di seluruh dunia.

Tahun 2021, VoB mengeluarkan mini album berjudul The Other Side of Metalism yang rilis ekslusif pada 3 Agustus lalu.

Kemudian pada 17 Agustus, VoB mengeluarkan single terbaru berjudul "God Allow Me(Please) to Play Music". Sementara musik videonya dikeluarkan bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional.

Seluruh lagu Voice of Baceprot dapat didengarkan di platform musik seperti Spotify, Youtube Music, Apple Music, Resso, dan banyak lagi.

Tur Internasional

Namanya yang sudah didengar secara internasional membuat VoB banyak diundang ke acara-acara yang lokal dan internasional.

Pada masa pandemi lalu, VoB berkesempatan tampil dalam gelaran konser virtual, di antaranya acara Women of World (WOW) Festival UK 2021 dan Just Recovery Gathering 2021.

Untuk acara ke depannya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, VoB akan menggelar Tur Eropa.

Tak hanya Tur Eropa, Voice of Baceprot bakal kembali manggung di luar negeri untuk menghandiri festival musik Wacken Open Air 2022 yang dijadwalkan digelar pada 4-6 Agustus tahun depan. Ajang tersebut akan membawa VoB bersanding dengan band metal ternama lainnya seperti Slipknot, Judas Priest, serta Limp Bizkit.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak