alexametrics

Lakukan 4 Tips Ini agar Hari Minggumu Tetap Produktif!

Rizky Melinda Sari
Lakukan 4 Tips Ini agar Hari Minggumu Tetap Produktif!
Ilustrasi Membersihkan Kama.r (pixels.com)

Hari Minggu bagi sebagian orang adalah hari yang tepat untuk bermalas-malasan. Padahal, kita bisa memanfaatkan hari Minggu menjadi hari untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak sempat kita lakukan pada hari kerja atau hari sekolah.

Salah satu musuh terbesar sebagian orang saat hari libur adalah produktif. Orang-orang cenderung lebih memilih untuk bersantai dan tidak melakukan apapun.

Kamu berencana ingin produktif di hari Minggu tetapi bingung bagaimana cara memulainya? Berikut 4 tips untuk membantumu memulai hari Minggu dengan produktif!

1. Bangun pagi

Salah satu kunci agar hari kita produktif adalah dengan bangun di pagi hari. Terdengar susah memang, apalagi hari libur adalah satu-satunya kesempatan kita untuk beristirahat lebih. 

Hal ini bisa disiasati dengan mengganti waktu tidur yang kurang di hari Sabtu, dan mendedikasikan hari Minggu sebagai hari produktif sebelum kembali bergelut dengan kesibukan weekdays.

Bangun kesiangan akan membuat mood kita menjadi tidak bersemangat, lemas. bahkan seperti merasa tidak ingin melakukan apapun. Tidur lebih awal dan pasang alarm di samping telingamu untuk mengatasinya!

2. Bersih-bersih

Salah satu hal produktif untuk mengawali Minggu adalah dengan bersih-bersih. Awali dengan membersihkan dirimu terlebih dahulu alias mandi. Mandi akan membuatmu segar dan tidak lagi lema.

Bersihkan juga ruangan serta tempat-tempat yang tidak setiap hari bisa dibersihkan. Ruangan yang bersih akan membuat keadaan mental serta fisikmu menjadi sehat.

Kegiatan bersih-bersih ini dapat kamu lakukan sambil mendengarkan musik favorit agar kamu semakin semangat. Pilihlah lagu bernada ceria atau lagu yang membuat mood-mu naik.

3. Makan teratur dan tepat waktu

Meskipun hari Minggu, jangan lupakan sarapan! Sarapan juga akan membuatmu lebih siap menghadapi hari dengan produktif. Perut yang kosong hanya akan membuatmu merasa malas dan berakhir tiduran di kasur sepanjang hari.

Namun jangan sampai terlalu berlebihan juga, nantinya kamu malah kekenyangan dan malas. Sarapan dengan makanan yang kamu sukai. Makan siang dengan snack favorit, lalu makan malam dengan menu yang kamu mau. Tidak apa-apa sesekali memanjakan diri dengan makanan favorit.

4. Buat To Do List

Sepertinya membuat to do list adalah sebuah kegiatan yang tidak boleh terlewatkan. Dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan, kamu akan punya referensi kegiatan selama seharian dan tidak akan berada pada titik bingung apa yang harus dikerjakan.

Terkadang, kita sudah berniat untuk produktif, tetapi bingung apa yang harus dikerjakan. Membuat to do list akan menghindarkan kamu dari momen tersebut.

Meskipun weekend, jadikanlah hari Minggumu menjadi akhir pekan produktif!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak