alexametrics

Capek Menjadi People Pleaser? Belajar Katakan Tidak Lewat 4 Tips Ini!

Riva Khodijah
Capek Menjadi People Pleaser? Belajar Katakan Tidak Lewat 4 Tips Ini!
Ilustrasi pria sedang stres (freepik.com) / jcomp

Salah satu ciri people pleaser adalah sangat sulit menolak ajakan atau permintaan orang lain. Hal ini memang bisa mengindikasikan kebaikan hatimu. Akan tetapi, sikap yang selalu mengiyakan dan merasa bersalah kalau berkata tidak dapat membuat dirimu susah.

Gak hanya itu, people pleaser biasanya sering dianggap remeh dan lemah. Alhasil, kamu jadi rentan dimanfaatkan. Misalnya, sering dimintai tolong padahal sebenarnya dia sendiri bisa melakukannya. Alih-alih melakukannya sendiri, dia justru lebih suka menyuruhmu karena sikapmu yang sulit menolak. Biasanya people pleaser banyak dimintai tolong untuk mengerjakan tugas-tugas yang tentu bukan tugasnya.

Pasti capek, kan, kalau sering dimanfaatkan orang lain? Nah untuk mengatasinya, ada beberapa tips mengatakan tidak pada permintaan atau ajakan seseorang. Yuk, disimak!

1. Minta maaf dan beri apresiasi

Bila kamu diajak jalan oleh teman, tapi kamu sedang tak ingin ke mana-mana, atau sedang sibuk, maka jangan memaksakan diri untuk tetap ikut. Kamu bisa menolaknya dengan cara halus, kok. Misalnya, dengan meminta maaf kalau sudah menampik ajakannya, disertai dengan apresiasi seperti rasa terima kasih sudah mengajakmu.

Misalnya, “Wah, maaf aku gak bisa ikut, karena lagi banyak tugas. Tapi, makasih, ya, sudah diajak”. Gimana, gak sulit, kan?

2. Beri pilihan lain

Apabila kamu dimintai tolong oleh rekan sekantor untuk mengerjakan tugas. Kamu bisa menjawabnya dengan, “Coba cek pekerjaan yang kemarin aja, formatnya sama, kok.”

Bila dia tetap memaksa untuk menolongnya, maka kamu bisa menolaknya dengan mengatakan, “Maaf, aku gak bisa, soalnya masih banyak kerjaan yang mesti diselesaikan.”

Ingat, lho, kamu punya hak untuk menolak. Apabila respons mereka kirang menyenangkan seperti menjadi marah, tidak perlu dipikirkan. Sebab itu tandanya, dia egois dan tidak peduli dengan kondisimu. Hanya mengutamakan kepentingan dirinya.

3. Berikan penjelasan yang singkat

Saat menolak, hindari memberi penjelasan panjang lebar karena dia akan malas mendengarnya. Cukup berikan penjelasan singkat kenapa kamu tidak bisa, atau keberatan dengan permintaannya.

4. Konsisten melatih diri berkata tidak

Bagi yang sudah terbiasa sejak dulu untuk selalu mengiyakan permintaan orang, menolak atau berkata tidak adalah perkara yang sangat sukar. Akan tetapi, kalau kamu gak membiasakannya dari sekarang, maka hidupmu akan sulit.

Orang akan sulit menghargaimu dan selalu mengganggumu dengan permintaan-permintaan egois mereka. Kamu pasti tidak mau, kan, seperti itu? Makanya, latih diri untuk berkata tidak pada ajakan atau permintaan orang lain yang memang kamu rasa memberatkan. Nanti juga bakal terbiasa, dan orang tidak akan menyepelekanmu lagi!

Nah, semoga tips tadi bisa membantumu menghentikan kebiasaan jadi people pleaser. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak