alexametrics

4 Tipe Teman Beracun yang Sebaiknya Kamu Hindari!

Latifah ..
4 Tipe Teman Beracun yang Sebaiknya Kamu Hindari!
Ilustrasi teman toksik (freepik.com) / rawpixel-com

Hubungan yang beracun tak hanya terjadi pada percintaan saja, tapi juga hubungan pertemanan. Meski judulnya teman, tapi gak berarti semua temanmu itu baik.

Alih-alih bikin kamu maju, teman yang beracun justru membawa banyak dampak buruk. Misalnya, karena dalam hatinya tersimpan rasa iri, dia gak senang melihatmu sukses. Melalui cara halus, dia akan berusaha menjatuhkanmu. Seram, kan?

Nah supaya kamu gak terkecoh, kenali beberapa tipe teman beracun yang sebaiknya kamu hindari ini, yuk!

1. Sok berkuasa

Ciri pertama dari teman yang toksik, adalah selalu bersikap bossy. Dia merasa paling dominan dan sok berkuasa, sehingga dia sering memperlakukanmu layaknya pesuruh. Misalnya minta ini itu darimu, padahal dia bisa mengerjakannya sendiri.

Tipe teman seperti ini menunjukkan gak ada respek terhadap kamu. Tak ada faedahnya juga jika kamu sering bergaul dengannya, yang ada kamu malah jadi sering sakit hati dibuatnya.

2. Sering menjelek-jelekkan orang lain

Kamu harus waspada dengan teman yang hobi bergunjing. Walaupun yang ia bicarakan adalah kejelekan orang lain, tapi sikap demikian membuktikan bahwa dia bukan sosok yang bisa dipercaya.

Hari ini, dia memang membicarakan aib orang lain. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan jika di kemudian hari, kamu sendiri yang bakal jadi korban mulut jahatnya.

3. Memperlakukan kamu dengan kasar

Tipe teman yang juga tak kalah beracun, adalah kerap memperlakukanmu dengan kasar. Meski ada banyak alasan yang dia lontarkan dan cukup masuk akal untuk memaklumi sikap kasarnya, kamu jangan tertipu. Karena sikap kasar atas alasan apa pun itu, tak bisa ditoleransi.

4. Sering menjatuhkanmu dengan kritikan

Di antara teman yang baik, adalah yang berani memberikanmu kritikan. Kritikannya pun bersifat membangun, supaya kamu bisa lebih baik lagi.

Meski begitu, kamu harus mencermati bagaimana cara temanmu memberi kritikan. Jika itu dilakukan dengan bahasa yang menyakitkan hingga mempermalukanmu di depan umum, atau segala hal dikritik olehnya, itu bukan kritikan membangun. Akan tetapi, memang diniatkan untuk menjatuhkanmu!

Nah, bila ada tanda-tanda tadi pada pertemananmu, mending jaga jarak, deh!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak