alexametrics

3 Sikap Menyebalkan yang Bisa Bikin Kamu Tak Punya Teman, Cepat Sadar!

Riva Khodijah
3 Sikap Menyebalkan yang Bisa Bikin Kamu Tak Punya Teman, Cepat Sadar!
Ilustrasi teman (pexels/cottonbro).

Tercipta sebagai makhluk sosial, nggak mungkin kamu bisa hidup sendirian. Pasti butuh teman. Maka dari itu, jangan remehkan teman yang sudah setia menemani hingga kini. Jauhkan sikap menyebalkan, yang dapat membuat temanmu jadi sebal.

Seperti sikap menyebalkan berikut ini, yang bila kamu pertahankan, lama-lama bisa bikin kamu dikucilkan. Alias ggak ada orang yang ingin berteman denganmu! Simak ulasan lebih lanjutnya, yuk!

1. Kamu perhatian kalau sedang butuh doang

Hal pertama yang bisa menyebabkan teman jadi sebal, yakni kamu hanya perhatian cuma pas lagi butuh doang. Saat hendak meminjam atau minta bantuan sesuatu, baru deh menghubungi. Setelah itu, menghilang lagi nggak ketahuan rimbanya.

Nanti, menghubungi lagi saat butuh bantuan lagi. Sikap seperti itu bikin siapapun kesal, lho. Padahal, yang namanya hubungan sosial selalu melibatkan dua arah. Ada memberi, ada menerima. Tapi, kamu penginnya di pihak penerima terus. Giliran teman minta bantuan, banyak banget alasannya.

2. Nggak menghargai lawan bicara

Di antara gunanya punya teman, yakni bisa ngobrol dan berbagi cerita apapun. Pasti senang, kan, kalau ada teman yang benar-benar perhatian dan mendengarkan dengan sungguh-sungguh?

Sayangnya, itu nggak kamu lakukan. Selama ini, kalau teman sedang bicara, malah sibuk main HP. Atau, berebut omong. Dia lagi asyik bercerita, tiba-tiba kamu potong dan berusaha mengalihkan topik, di mana kamu yang jadi pembicaranya. Sementara dia jadi pendengar.

Sering melakukan ini, orang pun akan mengenalmu tukang menyela pembicaraan. Siapapun nggak bakal betah berteman denganmu.

3. Selalu mengulang topik yang sama

Mengapresiasi diri atas keberhasilan yang telah kamu raih, itu mesti, malah bagus. Karena hal tersebut sebagai salah satu wujud mencintai diri sendiri.

Saat kamu berhasil meraih prestasi, sangatlah dimaklumi, bila kamu ingin membagi berita bahagia tersebut pada teman-teman dekatmu. Yang menjadi keliru, ketika hal itu selalu jadi topik obrolan. Tiap kali berbincang selalu topik tersebut yang dibicarakan. Teman yang tadinya respek, bisa berubah jadi sebal, lho!

Saat berteman, kamu memang mesti menjaga sikap. Sikap-sikap tadi, sebaiknya kamu hentikan jika tak ingin teman-teman mengucilkan kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak