alexametrics

4 Sikap Malas yang Justru Bermanfaat, yuk Dicoba!

Rizki Putra
4 Sikap Malas yang Justru Bermanfaat, yuk Dicoba!
Ilustrasi malas (pexels.com) / Andrea Piacquadio

Sikap malas dalam diri selalu dianggap hal negatif lantaran akan berdampak dengan produktivitas hidup. Sebab, kemalasan memang dapat membuat kita menunda pekerjaan sehingga merasa tidak bersemangat lagi.

Alhasil, banyak orang menganggap sikap malas harus segera diusir dari dalam diri. Namun, ternyata ada sikap malas yang justru bisa berdampak positif pada diri sendiri, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Malas bergosip dan membandingkan orang lain

Dalam lingkungan sosial, pasti sudah akrab menemui pergosipan seputar hal negatif dari orang tertentu. Alhasil, ada yang justru malah keasyikan dan selalu mencari kejelekan hidup orang lain.

Hal ini membuatmu bisa membanding-banding kehidupan orang lain yang belum tentu itu fakta yang terjadi. Maka dari itu, malas bergosip akan membuat hati dan pikiranmu menjadi tenang, lho. Selain itu, terhindar dari permusuhan dengan orang lain.

2. Malas menjadikan hidupmu sebagai drama

Kenyataannya, sering mendramatisir banyak hal dalam hidupmu justru membuatmu akan semakin lelah, lho. Tidak hanya itu, orang lain pun bisa kesal melihat tingkah lakumu.

Sesuatu hal yang sebenarnya sederhana, justru malah dibuat rumit. Maka dari itu, bersikap malas mendramatisir kehidupan merupakan hal yang baik. maksudnya bukan menyepelekan, ya. Namun, lebih baik mencari solusi daripada kebanyakan mengeluh atau memperumit keadaan.

3. Malas membalas komentar negatif orang lain

Seberapa besar kamu memiliki otoritas, belum tentu bisa mengendalikan komentar-komentar dari orang lain, entah yang positif maupun negatif. Namun, kalau kamu terus-menerus menanggapi komentar negatis orang lain, yang ada kamu jadi kelelahan.

Waktumu pun bisa terbuang sia-sia untuk mengonfirmasi sesuatu hal yang dirasa tidak penting. Lebih baik pergunakan waktumu untuk disalurkan dengan hal-hal yang bisa berdampak positif untuk kehidupanmu, ya.

4. Malas membalas kejahatan orang lain kepada diri kita

Ada perasaan dendam jika telah diperlakukan tidak adil, memang merupakan hal yang manusiawi. Kenyataannya, melakukan pembalasan bukanlah untuk menyelesaikan masalah. Sebab, itu malah akan memperumit dan memperlebar masalah yang ada.

Jadi, lebih baik bersikap dewasa dan bijaksana dalam menanggapi permasalahan, sehingga hidupmu akan bisa lebih tenang dan damai menjalani kesehariaan. Biarkan orang lain bertindak semena-mena, tapi jangan sampai kamu bertingkah laku sepertinya. Lebih baik menebarkan kebaikan dari pada kejahatan.

Nah, tak selamanya sikap malas itu buruk, ya. Sudah sepatutnya kita bisa bertindak dan berucap dengan hati-hati dalam kehidupan ini agar bisa lebih tenang menjalani rutinitas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak