facebook

4 Cara agar Tetap Produktif Saat Liburan, Kamu Harus Coba!

Luthfia Mariatul Fitriani
4 Cara agar Tetap Produktif Saat Liburan, Kamu Harus Coba!
Ilustrasi produktivitas ketika liburan (pixabay.com)

Long weekend merupakan dambaan bagi semua orang, terlebih bagi pekerja. Sebab, dengan long weekend kita dapat menyegarkan tubuh serta pikiran. Liburan memang membuat semua orang merasa beban hilang dan bisa sedikit longgar untuk melakukan segala hal.

Saat liburan, biasanya kita cenderung mengabaikan kegiatan rutinan dan kerap menajdi faktor penghambat keinginan untuk tetap produktif. Namun perlu diingat, ketika liburan kamu tetap bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat, lho. Misalnya, suatu pekerjaan yang dapat kamu selesaikan dengan cepat dan tepat, tapi kamu bisa melakukannya sambil berlibur di suatu tempat.

Namun sayangnya, jarang sekali orang-orang bisa tetap produktif sambil menikmati liburan. Padahal sebenarnya, kamu bisa melakukan segala aktivitas teratur dan terstruktur saat tengah berlibur sekalipun. Jadi, liburan bukanlah alasan bahwa kamu tidak bisa produktif, ya!

Berikut ini 4 tips agar liburan kamu tetap produktif!

1. Membatasi rencana

Kebanyakan manusia terlalu banyak hal yang direncanakan, tetapi faktanya banyak tugas yang belum terselesaikan. Jadi, kamu harus memilah dengan baik dan matang kegiatan sesuai dengan skala prioritasnya.

Kalau kamu membatasi rencana, maka dengan mudah kamu dapat melakukan kegiatan dan berdampak lebih optimal. Sebab, suatu rencana bila tidak segera dieksekusi akan menyebabkan kamu tidak fokus menghadapi rencana setelahnya.

2. Membuat keputusan

Segala sesuatu membutuhkan keputusan yang adil, entah itu keputusan sepele maupun besar. Melalui hal ini, kamu bisa lebih pandai dalam menyelesaikan masalah. Inilah yang perlu ditegaskan dalam kehidupan sehari-hari ketika liburan, agar kamu tetap mengoptimalkan segala aktifitas yang dilakukan.

3. Membatasi waktu

Waktu bagaikan pedang, inilah salah satu kalimat dalam sebuah mahfudzot. Jadi, produktivitas itu memiliki kaitan erat dengan waktu. Pasalnya, jika produktivitasmu bermasalah, sudah sepatutnya kamu periksa kembali penataan waktunya.

Bersikap realistis sangat dibutuhkan dalam hal ini untuk mengetahui pekerjaan dan menetapkan batas waktunya. Ketika kamu sudah menetapkan waktu untuk melakukan pekerjaan, maka jangan sampai melebihi batas waktu yang ditentukan tersebut.

4. Bangun lebih pagi

Meskipun hari libur, usahakan kamu tetap bangun lebih pagi agar bisa melakukan kegiatan lebih awal dan produktif. Di sisi lain, jangan lupa untuk melihat to do list yang telah kamu tulis. Selain itu, dengan bangun lebih pagi, kamu akan lebih mudah menyusun terlebih dahulu rencana sepanjang hari liburmu.

Itulah 4 tips agar tetap produktif ketika sedang liburan. Kamu harus cermat dan tetap teguh melakukan aktifitas yang bermanfaat agar liburan kamu berkualitas, maka tidak ada salahnya kamu mencoba tips di atas. Semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak