alexametrics

4 Tanda Kamu Masih Kurang Mencintai Diri Sendiri, Sering Disepelekan!

Keza Felice
4 Tanda Kamu Masih Kurang Mencintai Diri Sendiri, Sering Disepelekan!
Ilustrasi Seorang Wanita (Unsplash) / Kevin Laminto

Cinta merupakan anugerah yang dapat membuat hidup terasa lebih damai, tenang, dan diliputi kebahagiaan. Namun demikian, apakah kamu sudah menyadari? Cinta tidak hanya untuk diberikan pada orang lain, tetapi juga pada dirimu sendiri.

Meskipun begitu, tak sedikit orang yang kurang memahami hal tersebut. Bahkan, ada yang berpikir bahwa mencintai diri sendiri sama seperti dengan egois. Padahal, pemikiran seperti ini tak sepenuhnya benar lho. Semua tergantung bagaimana kamu menyikapinya, apakah berlebihan atau justru biasa-biasa saja. Sebab, sesuatu yang berlebihan itu jelas tidak akan berdampak baik. Lantas apa saja yang dapat menunjukkan bahwa kamu termasuk orang yang kurang mencintai diri sendiri? Simak ulasannya berikut ini!

1. Masih Sering Insecure

Semestinya setiap orang memiliki rasa percaya diri. Dengan kepercayaan diri, kamu akan terbentuk menjadi orang yang tegas, sigap, serta pemberani untuk menghadapi segala tantangan. Akan tetapi, pada kondisi tertentu kepercayaan dirimu akan mengalami penurunan, misalnya karena insecure. Perasaan seperti ini bisa membuatmu terjebak pada rasa cemas, malu, dan minder yang berkepanjangan. Bukannya mencintai diri sendiri, insecure hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan selalu merasa rendah diri.

2. Memforsir Diri 

Meskipun kamu harus menyelesaikan semua tanggung jawab yang telah diberikan kepadamu, tetapi semua itu juga ada batasannya. Seharusnya apa pun tugas yang kamu miliki disesuaikan dengan kapasitas dirimu. Ini adalah salah satu tanda bahwa kamu masih kurang mencintai diri sendiri. Di mana kamu masih saja memforsir tenaga dan pikiran untuk melakukan pekerjaan di luar batas kemampuan. Bahkan, yang terparah adalah sampai mengabaikan kesehatanmu sendiri.

3. Sering Mengkritik dan Merendahkan Diri Sendiri

Hampir setiap orang pernah melakukan kesalahan. Meskipun tidak ada sesuatu yang sempurna, bukan berarti kamu bebas mengkritik dan merendahkan diri sendiri. Kesalahan maupun kekurangan yang kamu miliki bukan sebuah alasan untuk menyalahkan serta menganggap diri sendiri tak layak untuk menjadi lebih baik. Jika kamu masih sering terpuruk dan membenci diri sendiri karena suatu kesalahan kecil, ini merupakan bukti nyata bahwa kamu memang belum bisa mencintai diri sendiri.

4. Meragukan Diri Sendiri

Setiap orang mempunyai kelebihan yang berbeda-beda. Begitu pun antara kelebihan dirimu dan juga kekurangan yang dimiliki orang lain. Semua telah Tuhan sesuaikan dengan porsi dan kapasitasnya masing-masing. Akan tetapi, pada kenyataannya kamu masih saja merasa ragu terhadap kemampuan yang dimiliki. Ini adalah bukti bahwa kamu belum bisa mencintai diri sendiri. Kamu harus menyadari bahwa meragukan diri sendiri hanya akan membuatmu nyaris kehilangan kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik.

Sepertinya beberapa tanda ini memang terdengar sepele, bukan? Namun demikian, kamu harus belajar untuk mencintai diri sendiri dan berusaha dengan maksimal untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak