4 Manfaat yang akan Didapat dari Kegiatan Membaca, Makin Inovatif!

Keza Felice
4 Manfaat yang akan Didapat dari Kegiatan Membaca, Makin Inovatif!
Ilustrasi Wanita Membaca (Unsplash) / Alexandra Fuller

Sampai saat ini sepertinya membaca menjadi kegiatan yang sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Meskipun memiliki waktu luang, kamu justru memilih bermain media sosial dan bermalas-malasan sampai tubuh terasa lelah daripada menggunakannya untuk membaca.

Padahal, terbiasa membaca bukanlah suatu hal yang merugikan lho. Bahkan, kamu justru akan mendapatkan banyak manfaat dari kebiasaan membaca. Berikut beberapa manfaat membaca yang akan kamu peroleh. 

1. Menjadi Salah Satu Sumber Inspirasi

Banyak orang mencari inspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang memukau dan berkualitas. Sayangna, tak sedikit pula yang kebingungan dan malas untuk mencari inspirasi. Bahkan, mereka juga beranggapan bahwa inspirasi merupakan hal yang langka dan sulit didapatkan.

Padahal, pemikiran seperti itu tak sepenuhnya benar lho. Pada kenyataannya kamu bisa dengan mudah mendapatkan inspirasi, salah satunya dengan meluangkan waktu untuk membaca. Dengan kegiatan tersebut kamu akan lebih gampang menemukan ide-ide segar sehingga bisa menghasilkan karya yang berkualitas sebagaimana yang diinginkan.

2. Menjadi Lebih Inovatif

Banyak orang yang mengatakan  bahwa membiasakan diri untuk membaca adalah hal yang penting. Akan tetapi, masih banyak yang enggan serta malas melakukannya karena menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan. Padahal, dengan membaca kamu akan memperoleh banyak wawasan dan pengetahuan baru lho. 

Dari kedua hal tersebut, kamu akan menjadi seseorang yang lebih inovatif. Pikiranmu menjadi lebih terbuka, sehingga akan membuatmu mengetahui lebih banyak hal bermanfaat. Bahkan, kamu bisa mengembangkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan yang dimiliki untuk menciptakan karya yang terjamin kualitasnya.

3. Kamu akan Lebih Mudah Berpikir Kritis

Mempunyai pemikiran yang kritis dan tajam akan membuat kamu lebih mudah mengimbangi arus perkembangan zaman. Dengan begitu, kamu tidak akan terjerumus dalam hal-hal negatif dan merugikan. Sementara itu, kegiatan membaca akan melatihmu untuk lebih tanggap dalam menghadapi suatu hal. 

Sebab, membaca menuntutmu untuk memahami dan mencerna setiap kalimat yang dibaca. Secara perlahan, pemikiranmu akan lebih luas dan menjadi lebih kritis. Hal inilah yang membuatmu tidak akan mudah terjebak dan terpengaruh arus informasi yang salah.

4. Kamu akan Memiliki Sudut Pandang yang Lebih Luas

Kebiasaan membaca akan membukakan jalan pikiranmu tentang berbagai hal. Kamu juga akan lebih tanggap pada informasi yang beredar di berbagai tempat. Dengan begitu, kamu akan tumbuh sebagai seseorang yang banyak pengetahuan. Hal ini tentu akan mengubah pola pikirmu menjadi lebih maju dan berkembang. 

Sehingga saat mempunyai suatu kendala ataupun permasalahan, kamu akan lebih bijak dalam menghadapinya. Kamu akan lebih berani untuk bertanggung jawab dan tidak hanya menilai permasalahan tersebut dari satu sisi saja. Akan tetapi, kamu juga dapat menangkap dari berbagai perspektif yang berbeda. Alhasil, sudut pandangmu akan menjadi lebih luas dan pola pikirmu menjadi lebih terbuka.

Membiasakan diri untuk membaca memang susah-susah gampang. Akan tetapi, setelah mengetahui beberapa manfaat membaca ini, apakah kamu masih mau bermalas-malasan? Yuk, biasakan diri menggunakan waktu luang untuk membaca! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak