alexametrics

Ingin Hidup Lebih Bahagia? Ini 4 Cara Memaafkan Diri Sendiri

Latifah ..
Ingin Hidup Lebih Bahagia? Ini 4 Cara Memaafkan Diri Sendiri
Ilustrasi wanita memejamkan mata (pixabay.com) / StockSnap

Setiap manusia pasti pernah melakukan kekeliruan. Adakalanya, kekeliruan itu membuatmu jadi kepikiran terus-menerus. Ada perasaan tak ikhlas karena sudah berbuat salah.

Padahal, sikap demikian akan menyebabkan kamu jadi sulit bahagia. Kehidupanmu jadi terkungkung dengan masa lalu. Untuk mengatasinya, beberapa cara berikut bisa kamu terapkan supaya mampu memaafkan diri sendiri. Hidup jadi tenang!

1. Ikhlas atas peristiwa yang telah lewat

Hal penting pertama yang mesti kamu lakukan supaya dapat memaafkan diri sendiri, yakni mengikhlaskan hal yang telah lewat. Ketika sudah ikhlas, hatimu akan terasa lapang. Sikap ikhlas ini bisa kamu timbulkan dengan kesadaran, bahwa tiap orang pernah melakukan kekeliruan.

2. Ambil hikmahnya

Setiap kejadian di dunia ini selalu ada hikmah yang tersimpan di dalamnya. Begitu pula ketika kamu telah berbuat salah. Sekalipun itu hal yang buruk, dan mungkin saja kamu sudah merugikan beberapa orang, tapi dengan meratapinya saja, gak ada manfaat apa-apa.

Daripada meratapi, alangkah baiknya kamu meminta maaf pada orang yang sudah kamu rugikan. Mengambil hikmah dari kejadian yang kemarin, kemudian bertekad agar tak mengulangi lagi di kemudian hari. Setelah semua itu kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memaafkan diri sendiri.

3. Syukuri kesempatan hidup saat ini

Dengan Tuhan masih memberimu kesempatan untuk bernapas, itu pertanda kalau kamu masih diberi kesempatan untuk bertobat dan berbenah diri. Fokuskan saja hidupmu pada usaha-usaha supaya kamu bisa jadi manusia yang lebih baik dari kemarin. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang telah Tuhan beri.

4. Masih ada masa depan yang mesti kamu persiapkan

Berkubang dalam masa lalu, gak hanya membuatmu tak bisa menikmati momen sekarang, tapi juga berisiko menghancurkan masa depan. Sebab, bagaimana masa depan nantinya adalah buah dari apa yang kamu tanam saat ini. Itulah kenapa, kamu mesti memaafkan diri sendiri agar masa depanmu gak ikut-ikutan suram akibat terjebak pada kesalahan masa lalu.

Sering kali kamu mudah memaafkan orang lain, tapi susah sekali memaafkan diri sendiri. Padahal, dengan memaafkan diri sendiri, hidupmu jadi tenang dan bahagia, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak