facebook

Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Menjadi Korban Cyberbullying!

Zahrin Nur Azizah
Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Menjadi Korban Cyberbullying!
Ilustrasi cyberbullying (Unicef.org)

Kehidupan kita saat ini tidak bisa terlepas dari internet. Manfaatnya pun dapat kita rasakan mulai dari memudahkan pekerjaan kita, memberikan informasi yang kita butuhkan dengan cepat, dan menghubungkan berbagai macam orang tanpa mengenal jarak.

Melalui internet, kita dapat berinteraksi dengan berbagai macam orang tanpa perlu bertatap muka langsung. Misalnya saja melalui media sosial, kita bisa berkenalan dengan seseorang bahkan membuat suatu komunitas yang memiliki minat sama. Seru, bukan?

Namun sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana cara beretika yang baik selama menggunakan internet terutama media sosial. Media sosial merupakan tempat terhubungnya berbagai macam orang dengan kepribadian yang berbeda. Seringkali media sosial yang harusnya menjadi ruang publik untuk mengekspresikan ide dan pikiran, malah menjadi suatu ajang untuk menghina dan bertindak tak pantas terhadap orang lain. Hal tersebut dapat dikategorikan bullying atau lebih tepatnya cyberbullying.

Apa itu Cyberbullying?

Menurut Unicef, cyberbullying adalah tindakan bullying atau perundungan melalui media digital. Tujuannya dari pelaku adalah untuk menakuti, membuat marah, atau membuat malu korban. Contoh tindakan cyberbullying yang sering kita lihat di media sosial di antaranya mengirimkan pesan atau komentar negatif, menghasut agar membenci seseorang bahkan membuat akun palsu atau mencuri identitas untuk mempermalukan seseorang. 

Lalu bagaimana jika kamu sendiri yang menjadi korbannya? Apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Yuk, simak 5 hal yang perlu kamu lakukan ketika menjadi korban cyberbullying!

1. Beritahu orang terdekat

Sebagian korban cyberbullying, pasti banyak yang ragu untuk menceritakan masalahnya. Alasannya adalah mereka takut permasalahannya akan semakin rumit. Misalnya, ketika kamu mengunggah foto di media sosial dan ada seseorang yang mengejek bahkan sampai mengajak orang untuk menyudutkanmu juga. Ketika kamu mencoba membela diri, yang ada malah kamu diserang balik dengan mengatakan “Halah cuma bercanda kok malah baper sih.”

Jika kondisi tersebut menimpamu, cobalah bercerita dengan orang terdekatmu atau seseorang yang membuatmu merasa aman. Tujuannya agar mengalihkan pikiranmu dari perundungan tadi dan mencari perlindungan.

2. Jangan menyerang balik

Tujuan pelaku melakukan perundungan ini adalah membuat korban marah dan kemudian membalas balik. Tentu saja ini bukan cara yang baik karena dengan begini tidak akan habisnya, tapi justru menjadi berkepanjangan.

Bukannya terselesaikan, yang ada malah membuat korban depresi. Cara terbaik adalah membiarkannya dan tidak tersulut semua komentar negatif. Cobalah untuk mengabaikan dan alihkan pikiran agar tidak menjadi stres.

3. Menyimpan bukti

Simpan bukti jika kamu pernah menerima komentar negatif atau bahkan ancaman. Sebab, tindakan tersebut dapat membantumu mendapatkan dukungan dari orang lain. Kamu pasti tahu tentang jejak digital kan? Jika perundungan yang dilakukan termasuk tindakan yang sampai mengancam privasi, maka itu bisa dilaporkan.

4. Blokir

Kamu juga bisa memblokir akun dari pelaku perundungan tadi, agar mereka tidak bisa lagi berinteraksi dengan akunmu. Hal ini terbilang sangat efektif, karena kamu tidak lagi bertemu dengan orang tersebut. Namun, jangan lupa untuk mencatat akun pelaku tadi, ya. Tujuannya, agar ketika mereka membuat akun baru lagi kamu bisa mengenalinya dan memblokir kembali.

5. Jaga keamanan akun

Hal yang terpenting dan jangan sampai kamu lupakan adalah menjaga keamanan akunmu. Kamu bisa mengganti password-mu, menyimpan atau mengarsip foto yang kamu anggap privasi, atau kamu bisa mengganti sementara foto profilmu. Ini dilakukan agar data pribadi tidak bocor dan takutnya akan disalah gunakan.

Setiap orang bebas untuk membagikan momen berharga mereka di media sosial. Namun, sebagai netizen yang baik tentu juga harus mengerti etika baik saat di media sosial. Yuk, ciptakan ruang internet yang sehat dan bebas dari cyberbullying!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak