facebook

Bikin Nggak Percaya Diri, Ini Cara Mengatasi Ketiak Bau dan Gelap

Desyta Rina Marta Guritno
Bikin Nggak Percaya Diri, Ini Cara Mengatasi Ketiak Bau dan Gelap
Ilustrasi ketiak (Pixabay/Nicola Giordano)

Pernahkah kamu melihat iklan deodoran di televisi, menampilkan model dengan ketiak yang putih dan bersih? Cukup heran dengan hal tersebut? Faktanya memang ada cara merawat ketiak agar tampak mulus dan bersih seperti bintang iklan.

Namun, merawat ketiak memang hal yang tergolong susah-susah gampang untuk dilakukan. Pasalnya, jika kita salah merawatnya, yang ada ketiak malah akan menjadi hitam. Lantas bagaimana cara merawat ketiak yang baik agar tidak hitam dan berbau? Simak caranya berikut ini.

1. Masalah Ketiak Hitam

Masalah ini umum terjadi pada orang-orang. Meskipun tidak terlihat, warna ketiak yang hitam ini menimbulkan rasa tidak percaya diri, terutama bagi para wanita. Lantas apa penyebab dari ketiak hitam ini?

Mengutip dari laman Alodokter, penyebabnya bisa berbagai macam. Ketiak hitam bisa disebabkan karena iritasi kulit ketiak yang terjadi karena kita menghilangkan bulu ketika seperti mencukur atau mencabutnya.

Penyebab ketiak hitam selanjutnya adalah infeksi bakteri. Ungat bahwa saat kamu berkeringat, bakteri dapat tumbuh dengan cepat, apalagi di area lipatan yang memiliki kelembapan lebih tinggi, termasuk ketiak.

Cara mengatasi ketiak hitam yang paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan tubuh kamu. Bisa dengan cara seperti mandi 2 kali sehari dan mengeringkan ketiak dengan handuk. Dengan menjaga kebersihan ketiak, kita dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu juga gunakan pakaian yang bahannya bersifat menyerap keringat, sehingga tidak mengendap di ketiak.

2. Bau Ketiak yang Tidak Sedap

Masalah satu ini tentu juga dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Apa yang menyebabkan ketiak bau? Mengutip dari laman GoodDoctor, ketiak berkeringat akan bercampur dengan bakteri. Hal inilah yang menyebabkan ketiak berbau tidak sedap. Selain itu, konsumsi makanan, minuman, dan obat juga dapat memicu timbulnya bau ketiak.

Cara mengurangi terjadinya bau ketiak adalah dengan mengurangi kegiatan yang menyebabkan tubuh berkeringat, seperti mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak diperlukan. Cara selanjutnya adalah dengan deodoran. Pilihlah produk deodoran yang cocok dengan kulit ketiak kamu. Lalu menjaga pola makan, konsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah, serta air putih secukupnya.

Itulah cara merawat ketiak agar tidak bau dan hitam. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak